Saatnya penggiat IPTEK berinovasi

id wagub lampung, bachtiar basri

 Saatnya penggiat IPTEK berinovasi

Wakil Gubernu Lampung Bachtiar Basri (ist)

Bandarlampung, (Antara) - Pemerintah Provinsi Lampung mendorong penggiat ilmu pengetahun dan teknologi untuk menghasilkan inovasi baru guna mengisi pembangunan di daerah ini.

"Selain itu, seluruh pemangku kepentingan daerah diharapkan bersinergitas dan berkoordinasi dalam menghasilkan inovasi," kata Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, pemerintah dalam peraturan bersama antara Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2012 dan Nomor 36 Tahun 2012 tentang Sistem Inovasi Daerah.

Pada puncak peringatan Hakteknas pada 10 Agustus 2015, Provinsi Lampung mendapatkan penghargaan Budhipura kategori Penguatan Kelembagaan Sistem Inovasi Daerah (Sida).

"Ini membuktikan Provinsi Lampung mampu bersaing dengan provinsi lain dan berkontribusi dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," ungkap Wagub.

Ia menjelaskan, Budhipura merupakan penghargaan tertinggi di bidang iptek sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Lampung, atas prestasi, inovasi dan berbagai terobosan di bidang iptek.

Sehingga, lanjutnya, dapat membawa Provinsi Lampung menjadi lebih maju dan sejahtera.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mendorong dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada para penggiat iptek maupun pemangku kepentingan yang secara aktif menghasilkan inovasi-inovasi baru," ujarnya pula.

Bachtiar Basri mengatakan bahwa untuk mengembangkan Kelitbangan perlu ditingkatkan jumlah peneliti dan regulasi yang mendukung pertumbuhan inovasi.

Selain itu perlu mengoptimalkan hasil penelitian yang dapat diaplikasikan secara mudah oleh masyarakat umum. Untuk mendukung kemajuan inovasi juga harus didukung jiwa kewirausahaan atau enterpreneur.

Sehingga kerjasama antarpemangku kepentingan sangat diperlukan untuk memperkuat program kewirausahaan teknologi atau teknopreneur.

Ia mengharapkan dengan adanya iklim inovasi yang lebih baik maka enterpreneur di bidang iptek akan cepat maju dan berkembang.*