Tol Sumatera sepanjang 2 km bisa dilintasi

id Tol Trans Sumatera, Desa Sabahbalau, Tol Sumatera sepanjang 2 km bisa dilintasi

Tol Sumatera sepanjang 2 km bisa dilintasi

Pembangunan Tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau Lampung dikebut dengan menggunakan banyak alat berat. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Desa Sabahbalau (Antara Lampung)- Pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar Lampung terus dikebut dengan mengerahkan banyak alat berat, dan sejauh ini telah dilakukan penimbunan serta perataan jalan sejauh dua kilometer sehingga sudah bisa dilalui kendaraan.
    
"Banyak alat berat yang dikerahkan untuk mengerjakan proyek ini. Meski baru sebatas jalan tanah yang sudah dipadatkan, tetapi sudah bisa dilalui kendaraan roda empat," kata salah satu operator alat berat yang meminta namanya tak disebutkan, di Desa Sabahbalau Lampung, Kamis.
    
Berdasarkan pantauan, pengerjaan proyek itu terus dikebut, dan pembangunan jalan tol dari Desa Sabahbalau difokuskan ke arah Terbanggi Besar. Sedang pembangunan jalan tol dari Bakauheni ke Desa Sabahbalau dilaksanakan mulai dari kawasan Bakauheni Lampung Selatan.
    
Sebagian jalan tol di Desa Sabahbalau bahkan sudah mulai dipadatkan dengan kerikil, sementara sebagian lainnya masih berupa jalan tanah. Meski demikian, sudah banyak warga yang memanfaatkan jalan tersebut untuk menuju tempat tujuannya.
    
Musim kemarau yang mulai melanda Lampung, akan mempercepat pembangunan jalan tol tersebut jika pembebasan lahan bisa segera dituntaskan.
    
Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dicanangkan Presiden Joko Widodo pada akhir April lalu di Desa Sabahbalau.
    
Pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar- Palembang Sumsel sepanjang sekitar 400 km ditargetkan selesai pada Juni 2018 atau sebelum Asian Games 2018 berlangsung.
    
Sehubungan itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan pembebasan lahan Tol Trans-Sumatera segera dituntaskan, namun butuh dukungan pemerintah daerah dan masyarakat agar bisa segera direalisasikan.
   
"Jika ada kendala, harus dapat diselesaikan secara musyawarah," katanya usai meninjau kemajuan pembangunan Tol Trans-Sumatera di Desa Sabahbalau, Kecamatan Tanjungbintang, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (17/8).
   
Dia mengatakan dalam waktu dua bulan ini atau sampai Oktober 2018, sudah harus segera diselesaikan pembebasan lahan jalan tol tersebut.