Pelajar Yogyakarta Juara Konser Musik Internasional

id Juara Konser Internasional, Pelajar Yogyakarta, Clara Nadia Frascha Renata

Jakarta (ANTARA Lampung) - Clara Nadia Frascha Renata, siswi sebuah sekolah dasar asal Yogyakarta menjuarai kompetisi musik konserto internasional ke-6 tingkat ASEAN (The 6thAsean International Concerto Competition) yang digelar di Jakarta pada 1--8 Agustus 2015.

Dalam penjelasan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (8/8), disebutkan Nadia yang merupakan murid kelas 6 SD Joannes Bosco Yogyakarta itu keluar sebagai juara pertama untuk kompetisi violin kategori A (usia  di bawah 13 tahun) dengan mengalahkan 12 peserta antara lain dari Singapura, Malaysia serta Indonesia.

Pemberian penghargaan kepada para pemenang AICC ke 6 dilaksanakan di Goethe Haus Jakarta, sekaligus gelaran gala konser oleh para pemenang ajang kompetisi musik dua tahunan tersebut.

Kompetisi musik yang digelar dan diprakarsai Yayasan Musik Jakarta tersebut dimulai sejak 2005 dengan peserta dari dalam negeri maupun negara lain seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia, AS,  Jepang, Australia, Korea Selatan, Tiongkok, Vietnam, Selandia Baru  serta Belanda.

Pendiri sekaligus Direktur Yayasan Musik Jakarta, Dr. Kuei Pin Yeo menyatakan, AICC  diselenggarakan untuk mencari, mendorong dan menumbuhkan musisi muda berbakat dari kawasan Asean dalam pengembangan dan realisasi karir mereka di dunia musik.

"Ajang ini sebagai kesempatan untuk tampil di lingkungan yang lebih beragam dan mendukung," katanya.

Dalam kompetisi AICC para peserta wajib memainkan karya-karya musik klasik dari musisi-musisi dunia seperti WA Mozart, JS Bach, S. Rachmaninof, F Chopin ataupun A.Scriabin maupun A. Vivaldi.

Menurut dia, AICC sudah banyak menemukan musisi-musisi berbakat luar biasa yang menjadi juara setiap kategorinya, terlebih lagi juri-juri yang dihadirkan terdiri dari musisi dari berbagai negara dan berpengalaman sebagai juri di ajang kompetisi internasional.

Pada gelaran AICC 2015 juri terdiri dari Kuei Pin Yeo dari Indonesia, Izabella Darska Havasine asal Hungaria serta Kyung Hee Yoon dari Korea.

Para pemenang AICC ke 6 untuk violin kategori A berturut-turut Clara Nadia Frascha Renata (Indonesia) Juara I, Apple Lousia Liu (Indonesia) Juara II dan Para Natasha Fransesca (Malaysia) Juara III.

Violin Kategori B  (13-17 tahun) dimenangi Chi Chou asal Taiwan, sedangkan Violin Kategori C (18-24 tahun) tidak ada pemenang.

Kemudian untuk Piano Katogeri A Selda Nathania (Indonesia) Juara II dan Eleora Yoana Hardy (Indonesia) Juara III tanpa ada juara I, untuk Piano Kategori B juara II Yovela Feodora (Indonesia) dan Juara I Piano Kategori C dimenangi Bernardus Krishna (Indonesia).

Pada ajang AICC 2015 panitia memberikan penghargaan khusus kepada Fira Christianto M Panggabean satu-satunya peserta tuna netra asal Indonesia yang  masuk dalam kompetesi Piano Kategori B.

"Kami memberi penghargaan khusus 'Oustanding Achievment' kepada Fira karena memiliki tekat yang sangat kuat berani mengikuti kompetisi bertaraf internasional ini," kata Kuei Pin Yeo.

Selain itu, kata dia lagi, siswa kelas 1 Sekolah Menengah Atas itu berani mengikuti ajang kompetisi yang bersifat umum bukan dalam kategori atau ajang khusus bagi penyandang tuna netra.

Menurut rencana ajang kompetisi musik ke-7 AICC akan digelar di Indonesia pada 2017.