Gubernur: Lampung siap gelar pilkada

id rido siap gelar pilkada, gubernur lampung, m ridho ficardo

Gubernur: Lampung siap gelar pilkada

Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo (ist)

delapan daerah itu telah menandatangani NPHD antara pemerintah kabupaten/kota dengan KPU kabupaten/kota, Panwaslu kabupaten/kota, Polres dan Kodim setempat.
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menegaskan delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung siap melaksanakan Pilkada serentak.

"Persiapan itu meliputi penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), pengajuan penjabat bupati/wali kota dan Operasi Mantap Praja guna mengamankan Pilkada serentak," kata Ridho, saat menerima kunjungan kerja Komisi II DPR RI, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, delapan kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak, yakni Kota Bandar lampung, Kota Metro, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pringsewu, Pesawaran dan Waykanan.

Ia menjelaskan, delapan daerah itu telah menandatangani NPHD antara pemerintah kabupaten/kota dengan KPU kabupaten/kota, Panwaslu kabupaten/kota, Polres dan Kodim setempat.

"Hanya untuk NPHD Pemkab Lampung Tengah dengan Polres dan Kodim setempat yang belum selesai, karena masih menunggu pada APBD Perubahan Tahun 2015," jelasnya.

Ridho menjelaskan, cakupan anggaran yang tersedia pada APBD pemerintah kabupaten/kota yang masih mengalami kekurangan akan dianggarkan pada APBD-P TA 2015.

Berdasarkan data NPHD pada pemerintah kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak, jumlah anggaran untuk KPU Rp144 miliar lebih, Panwaslu Rp45 miliar lebih, Polres Rp9,2 miliar, dan Kodim Rp3 miliar.

"Pemerintah Provinsi Lampung juga akan mematuhi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Petahana, Anggota DPR, DPRD, PNS dan TNI /Polri harus mengundurkan diri," jelasnya.

Selain itu, Pemprov Lampung telah mengusulkan penjabat bupati dan wali kota kepada Menteri Dalam Negeri sesuai persyaratan yang berlaku.