Presiden: Indonesia mampu bersaing melelui industri kreatif

id arena kreatif, presiden jokowi,

Presiden: Indonesia mampu bersaing melelui industri kreatif

Warga mengunjungi arena pekan kreatif 2015 di Taman Putroe Phang, Banda Aceh, Aceh, Jumat (29/5/15). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

...peluang Indonesia sangat besar untuk mengembangkan industri kreatif musik, desain, film, animasi, tulisan dan juga bidang lainnya...
Serpong (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo menilai industri kreatif dapat menjadi peluang Indonesia bersaing dengan negara lain dalam perekonomian global.

"Kekuatan kita ada disini, industri kalah sama Jerman, sisi murah kalah dengan China, dari ekonomi kreatif untuk loncatan itu ada, bagaimana ini disiapkan, strategi direncanakan secara detail dan komprehensif," kata Presiden saat berdialog dengan penggiat industri kreatif di Serpong, Selasa siang.

Presiden mengatakan peluang Indonesia sangat besar untuk mengembangkan industri kreatif musik, desain, film, animasi, tulisan dan juga bidang lainnya.

"Masalah "design centre", saya waktu berbicara di APEC dan G20 semua ingin membuat kota kreatif, mereka bingung mau kemana, tapi nggak tahu apa yang harus dilakukan, mereka gagas, saya titip bangun kota kreatif berasal dari bawah (masyarakat), seperti apa konsepnya, kalau kita bisa, ini sebuah lompatan, kalau sulit, ya kita coba," kata Presiden.

Temu kreatif nasional 2015 digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bekerjasama dengan sejumlah kementerian.

Acara tersebut akan berlangsung sejak 31 Juli hingga 30 Agustus 2015 memperingati 70 tahun kemerdekaan RI.

Pada tanggal 1-9 Agustus 2015 akan berlangsung pameran bertema Dari Indonesia untuk Dunia yang menampilkan keunggulan karya kreatif Indonesia seperti aplikasi ICT, Smart Phone, Smart9ity, Fondasi Tahan Gempa, Drone, Multifuel Engine, Robotic, KaryaFoto, Karya Arsitektur, Handicraft, kerajinan batu mulia, alas kaki, tekstil, industri fashion dan kerajinan.

Presiden dalam kesempatan itu juga meresmikan Indonesia Convention Exhibition di BSD City yang memiliki 10 exhibition hall dengan luas 50.000 meter persegi ditambah 50.000 meter persegi area pameran luar.