Tiga Makam Pahlawan di Lampung Utara Ambles

id tiga makam pahlawan

Tiga Makam Pahlawan di Lampung Utara Ambles

Tiga makam pahlawan yang berada di Taman Makam Pahlawan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung ambles. (FOTO ANTARA Lampung/Sarnubi)

Kita ini mau menghadapi momentum peringatan Kemerdekaan Indonesia, tolonglah diperhatikan lagi makam para pahlawan itu karena mereka yang memiliki andil atas kemerdekaan negeri ini
Lampung Utara (ANTARA Lampung) - Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2015, didapati tiga makam pahlawan yang berada di Taman Makam Pahlawan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung telah ambles.

Berkaitan dengan kondisi tiga makam pahlawan yang ambles itu, Kepala Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Lampung Utara Saleh Ahmad di Kotabumi, Selasa, mendesak pemkab setempat segera memperbaikinya.

Tiga makam pahlawan yang telah ambles itu, yakni makam Patimosastro Utomo, Mayor TNI Al Rahman Sirait, dan makam Mayor Ibrahim.

"Kita ini mau menghadapi momentum peringatan Kemerdekaan Indonesia, tolonglah diperhatikan lagi makam para pahlawan itu karena mereka yang memiliki andil atas kemerdekaan negeri ini," kata Saleh Ahmad.

Selain itu, Saleh Ahmad juga mengaku telah menyampaikan hal itu kepada Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, termasuk penambahan ruang makam, karena ada beberapa makam pahlawan yang berada di luar ruas permakaman.

"Lampu penerangan di makam itu juga gelap. Dalam mengahadapi peringatan 17 Agustus ini yang kumuh-kumuh seharusnya dicat kembali dan yang gelap dapat diterangi," ujarnya lagi.

Menurut dia, banyak hal yang perlu diperhatikan terkait dengan makam para pahlawan itu. "Jangan diberitakan dulu, baru diperbaiki, itu artinya kurang perhatian," kata Datuk, sapaan akrab Saleh Ahmad.

Secara terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara Edwar selaku pihak yang membidangi perawatan makam pahlawan tersebut mengatakan bahwa pihaknya akan segera memperbaiki dan memperindah makam pahlawan menghadapi peringatan Kemerdekaan Indonesia mendatang.

"Untuk penerangan di makam pahlawan itu, kami telah meminta bantuan Dinas Tata Kota untuk dapat mengganti lampu yang telah mati, sedangkan untuk rumput liar yang telah tumbuh akan segera dibersihkan," kata Edwar pula.

Saat menyinggung sejumlah makam pahlawan yang ambles, dia menegaskan bahwa pihaknya akan segera memperbaikinya.

"Akan segera kami perbaiki. Untuk pengecatan tembok makam, akan segera kami usulkan," ujarnya.