Lima daerah hanya punya satu pasangan calon

id satu pasangan calon, lima daerah hanya punya satu pasangan calon

...Terdapat satu daerah yang masih dalam tahap verifikasi di KPU daerah, yaitu Kabupaten Pacitan di Jawa Timur," kata Arief...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Dari rekapitulasi sementara, Komisi Pemilihan Umum mengungkapkan ada lima daerah yang hanya memiliki pasangan calon kepala daerah di bawah dua sehingga pelaksanaan pilkada di kelima daerah tersebut ditunda hingga pilkada serentak berikutnya tahun 2017.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah ketika ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Senin, memastikan lima daerah tidak menambah pasangan calon selama proses perpanjangan pendaftaran pilkada.

Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat, Kabupaten Blitar di Jawa Timur, Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Samarinda di Kalimantan Timur, dan Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian, tujuh daerah yang sudah memiliki lebih dari satu pasangan calon adalah Kabupaten Asahan di Sumatera Utara, Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat, Kabupaten Serang di Banten, Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah, Kota Surabaya, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur di Sulawesi Utara.

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 12 Tahun 2015, daerah yang tidak memiliki lebih dari satu pasangan calon akan ditunda pelaksanaan pilkadanya dan akan dibuka kembali pada pilkada serentak periode kedua yang direncanakan pada Februari 2017.

Sebelumnya, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang tidak menerima pendaftaran pasangan calon pada hari Senin menerima tiga pasangan calon yang telah melakukan pendaftaran.

Ketiga pasangan tersebut adalah Candra Modeong dan Supratman Datunsolang yang diusung Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Keadilan Sejahtera, Sam Sachrul Mamonto dan Medy Lensun yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, serta Sehan Landjar dan Rusdi Gumalangit yang diusung Partai Amanat Nasional, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Untuk Kota Mataram, yang pada Minggu sempat memiliki dua pasangan calon, masuk ke dalam daftar daerah yang akan ditunda pilkadanya karena pendaftaran pasangan Salman dan Jana Hamdiana yang diusung oleh Partai Golkar dibatalkan oleh KPU daerah setempat karena berkas persyaratan tidak memenuhi.

"Terdapat satu daerah yang masih dalam tahap verifikasi di KPU daerah, yaitu Kabupaten Pacitan di Jawa Timur," kata Komisioner KPU Arief Budiman.(Ant)