Inilah Kronologis Penipuan Calon PNS yang Terbongkar

id Penipuan Calon PNS

Bandung (ANTARA Lampung) - Kronologis terbongkar komplotan penipuan rekrutmen calon PNS di Bandung Jawa Barat, Rabu (29/7).

Berdasarkan informasi yang beredar, dikabarkan aksi penipuan tersebut terkuak ketika seluruh korban dikumpulkan di Hotel Yehezkiel yang berlokasi tidak jauh dari Kantor BKN Regional III Bandung.

Di sana, para korban diminta oleh oknum penipu untuk menandatangani lembar kehadiran yang menurutnya dimaksudkan untuk pendataan ulang pembagian surat tugas penempatan CPNS jalur kebijakan formasi umum.

Dijelaskan oleh oknum penipu bahwa kondisi saat itu tidak memungkinkan untuk membagi surat tugas terkait, sehingga lembar tanda tangan kehadiran tersebut dimaksudkan sebagai kewajiban korban untuk datang kembali di tempat yang sama pada hari Sabtu (1/8) mendatang.

Dari total 2.200 orang yang terdaftar, hanya 420 orang yang dipanggil untuk menanda tangani lembar kehadiran. Kekesalan ribuan orang yang datang memuncak ketika pimpinan pertemuan mengabaikan rentetan pertanyaan para hadirin dan kemudian justru masuk ke salah satu ruangan di lantai satu Hotel Yahezkiel, meninggalkan mereka yang telah berkumpul sejak pagi hari.

Akhirnya sebagian hadirin memutuskan mendatangi Kantor BKN guna menanyakan kejelasan kebijakan seleksi CPNS tersebut.

Mendapat laporan mengenai keganjilan tersebut, serombongan orang berseragam BKN yang diikuti oleh aparat Kepolisian akhirnya mendatangi kerumunan massa yang membludak di hotel Yahezkiel, dan mendatangi ruangan di mana oknum penipu tampak tengah berdiskusi dengan beberapa orang yang diduga komplotannya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Komunikasi Publik Kemenpan-RB Suwardi juga menepis informasi berantai melalui media sosial mengenai jadwal seleksi CPNS di sejumlah kementerian dan pemerintah daerah. Dia telah mengecek langsung ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan membuktikan bahwa isu seleksi CPNS tahun 2015 yang beredar selama ini adalah kabar palsu.

"Jika menemukan kabar mengenai seleksi CPNS, sebaiknya segera laporkan ke Kemenpan-RB untuk kami tindak lanjuti. Seluruh informasi mengenai hal iniakan dimuat di situs resmi Kemenpan-RB. Jadi jangan mudah percaya dengan informasi lain yang menyesatkan," ujarnya. (Baca lagi: Penipuan Calon PNS Terbongkar).