Senat Unila Pilih Tiga Calon Rektor Baru

id Pemilihan Rektor Unila, Wan Abbas Zakaria, Rektor Unila, Universitas Lampung, Unila

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sebanyak 47 dari 48 anggota Senat Universitas Lampung telah menyelesaikan penjaringan dan pemilihan tiga calon rektor baru, dari empat calon yang sebelumnya dinyatakan telah memenuhi syarat pencalonan, untuk memimpin Kampus Hijau ini empat tahun mendatang.

Informasi diperoleh dari pemilihan calon rektor Unila tahap pertama itu, di Kampus Gedongmeneng Bandarlampung, Rabu (29/7) siang, tiga calon yang meraih suara lebih tinggi dari satu calon lainnya, yaitu Prof Hasriadi Mat Akin (sekarang Pembantu Rektor Bidang Akademik) berada di posisi teratas meraih 19 suara, diikuti Prof Suharso yang juga Dekan Fakultas MIPA mendapatkan 13 suara, dan Prof Wan Abbas Zakaria, Dekan Fakultas Pertanian meraih 11 suara.

Satu calon lainnya, Prof Heryandi, Dekan Fakultas Hukum hanya meraih empat suara.

Menurut informasi dari para anggota Senat Unila, dengan hasil tersebut, sesuai ketentuan pemilihan calon rektor Unila, Heryandi gagal masuk tahapan pemilihan berikutnya karena tidak lolos tiga besar dukungan suara anggota Senat Unila.

Selanjutnya, tiga calon yang lolos ke tahap berikutnya, Hasriadi Mat Akin, Suharso, dan Wan Abbas Zakaria yang berpeluang menggantikan Rektor Unila saat ini, Prof Dr Sugeng P Harianto, masih harus mengikuti proses berikutnya.

Pemilihan calon rektor Unila periode 2015--2019 yang berlangsung tertutup, dilakukan sejak pukul 09.00 WIB, dipimpin Ketua Senat Unila Prof Warsito, didampingi Sekretaris, Prof Patuan Raja.

Para anggota Senat Unila sebelumnya mendengarkan pemaparan visi, misi, dan program kerja empat bakal calon rektor Unila itu, termasuk menyampaikan daftar riwayat hidup masing-masing.

Setelah itu, para anggota Senat Unila menentukan pilihan untuk menyaring empat calon menjadi tiga calon rektor Unila.

Pihak Senat Unila dipastikan segera menyampaikan hasil pemilihan tahap pertama ini kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, untuk menunggu keputusan selanjutnya dapat digelar tahapan pemilihan rektor diperkirakan pada akhir Agustus atau awal September 2015 nanti.

Dalam tahap pertama ini dipastikan hanya 47 dari 48 anggota Senat Unila yang hadir, mengingat Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Prof John Hendri telah diangkat menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal (Setdirjen) Dikti dan belum memiliki penggantinya.

Umumnya para calon rektor unila itu, menyatakan kesiapan masing-masing untuk memimpin dan memajukan Unila ke depannya.

Salah satu calon di antaranya, Prof Wan Abbas Zakaria mengaku bersyukur berhasil masuk tiga besar, sehingga berpeluang maju dalam proses pemilihan calon rektor Unila selanjutnya.

"Alhamdulillah. Trims," ujar Wan Abbas yang juga Dekan Fakultas Pertanian Unila itu, menanggapi hasil tahap pertama oleh anggota Senat Unila yang memilih tiga calon rektor Unila itu.