70 persen pemudik sudah pulang ke Jawa

id arus mudik di Bakauheni Lampung dan Merak Banten

70 persen pemudik sudah pulang ke Jawa

Arus balik (ANTARA FOTO/Jafkhairi)

Bakauheni (Antara Lampung)- PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebutkan lebih dari 70 persen pemudik sudah balik dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung, dan peningkatan arus balik pemudik bakal terjadi lagi pada Sabtu dan Minggu ini.
     
PT ASDP dalam keterangannya yang diterima ANTARA, Jumat, menyebutkan jumlah penumpang yang diseberangkan dari Bakauheni ke Pelabuhan Merak Banten mulai H+1 hingga H+6 (23/7) mencapai 453.546 orang, yang terdiri atas penumpang dalam kendaraan sebanyak 362.002 orang dan penumpang pejalan kaki 91.544 orang.
    
Arus balik pemudik pada Sabtu dan Minggu diperkirakan juga ramai dengan penumpang pejalan kaki beserta sanak keluarganya yang hendak mencari pekerjaan di Jawa, terutama sektor informal di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Banten.
    
Namun,puncak arus balik pemudik sebenarnya telah terjadi pada H+4 dengan jumlah penumpang yang diseberangkan mencapai 107.762 orang.
    
Total jumlah sepeda motor dan mobil yang telah dismeberangkan dari Bakauheni ke Merak mulai H+1 hingga H+6 mencapai 47.747 unit dan 45.241 unit.
    
Jumlah pemudik yang belum balik ke Jawa hingga sekarang mencapai 194.254 orang, sedang jumlah motor dan mobil yang belum balik sekitar 37.207 unit.
   
Menurut ASDP, jumlah pemudik dari Jawa ke Sumatera yang menyeberang dari Pelabuhan Merak Banten ke Bakauheni mulai H-7 hingga Lebaran mencapai 647.800 orang. Di antara mereka itu terdapat penumpang pejalan kaki sebanyak 113.328 orang.
   
Sementara itu, arus balik pemudik tujuan Pulau Jawa terlihat ramai melintas di Jalinsum Bandarlampung-Bakauheni. Arus balik itu tidak hanya didominasi mobil pribadi, juga motor dan penumpang dalam bus antarkota.
   
PT ASDP mengoperasikan 27 kapal feri berukuran besar untuk mengangkut para penumpang arus balik dan kendaraannya.