Arus Balik di Bakauheni Masih Terus Mengalir

id Arus Balik Bakauheni, Pelabuhan Bakauheni Lampung, Bakauheni

Arus Balik di Bakauheni Masih Terus Mengalir

Arus balik penumpang kapal di Bakauheni Lampung terus mengalir, pelayanan di pelabuhan ini dibantu anggota Pramuka Saka Bhayangkara SMKN 1 Bakauheni. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

Bakauheni, Lampung (ANTARA Lampung) - Arus balik penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan masih terus mengalir meskipun sudah memasuki enam hari usai Idul Fitri 1436 Hijriah/2015.

Pada loket pembelian tiket di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (23/7) malam, sejumlah pemudik pejalan kaki masih terlihat melakukan pembelian tiket untuk menaiki kapal penyeberangan di Selat Sunda menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Meskipun tidak padat, namun kedatangan pemudik pejalan kaki masih terus mengalir dari Terminal Induk Rajabasa di Kota Bandarlampung.

Rusdi, salah seorang pemudik asal Kediri mengaku sengaja pulang sekarang untuk menghindari kepadatan penumpang di pelabuhan itu.

"Sengaja pulang malam mas, biar nggak macet dan bebas antre," ujar bapak dua anak tersebut.

Ia juga menyatakan, apabila pulang Minggu (26/7) khawatir akan semakin ramai sehingga sulit untuk memasuki kapal karena akan berdesak-desakan dengan penumpang lain.

Hal senada dikatakan pemudik lainnya, Fitra (20) yang memilih hari ini untuk kembali usai berlebaran karena berharap sebelum berakhir masa liburan masih bisa bersilaturrahmi dengan teman-teman.

"Biar bisa main ke tempat teman-teman dan kerabat di rumah," ujar pelajar itu pula.

Selain pemudik pejalan kaki, ratusan kendaraan roda dua juga nampak masih terlihat dalam antrean untuk masuk ke dalam kapal hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak.

Kendaraan pribadi dan bus juga sudah mulai berdampingan dengan truk pengangkut bahan pokok serta bahan baku pabrik menuju Pulau Jawa.

Sepanjang Jalan Lintas Sumatera dari Bandarlampung ke Pelabuhan Bakauheni sejumlah kendaraan pribadi bernomor seri B, F, AB dan A masih nampak terlihat beriringan menuju pelabuhan laut tersebut.

Dari data Posko Angkutan Lebaran Tahun 2015 PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni pada H+6 hingga pukul 20.00 WIB, jumlah pemudik yang melalui pelabuhan tersebut mencapai 453.546 orang atau sebanyak 70 persen yang telah diseberangkan kembali.