ASDP Bakauheni : 63 persen pemudik sudah balik

id mudik, angkutan lebaran,kapal feri

ASDP Bakauheni : 63 persen pemudik sudah balik

Arus balik kendaraan pemudik tujuan Jawa di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (FOTO ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bakauheni (Antara Lampung) - PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan sudah lebih dari 63 persen pemudik Lebaran 2015 telah balik dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung.
    
Jumlah penumpang arus balik sejak H+1 atau sehari setelah Lebaran hingga H+5 telah mencapai 405.602 orang, demikian keterangan dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni yang diterima ANTARA di Bandarlampung, Kamis.
    
ASDP mencatat jumlah pemudik yang menyeberang dari Merak Banten ke Bakauheni Lampung mulai H-7 hingga Lebaran mencapai 647.800 orang.
    
Jumlah penumpang arus balik hingga kemarin telah mencapai 63 persen dari total arus mudik, sementara arus balik penumpang dari Bakauheni ke Merak pada Kamis mash tetap berlangsung.
     Selain itu, PT ASDP Indonesia Ferry juga menyebutkan sebanyak 23.214 motor dan 23.921 mobil pribadi telah diseberangkan dari Bakauheni ke Merak hingga hari ini. Dengan demikian, hampir 63 persen kendaraan pemudik arus balik telah diseberangkan ke Jawa melalui Bakauheni.
    
Arus balik pemudik diperkirakan masih terus berlangsung hingga Minggu, namun puncak arus balik diyakini telah terjadi pada H+4. Saat itu, jumlah penumpang yang menyeberang dari Bakauheni ke Merak mencapai 107.762 orang.
    
Sementara itu, jumlah pemudik yang belum balik ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni kini tercatat 242.198 orang.


    
Berdasarkan pantauan, arus balik pemudik yang melalui pelabuhan itu cenderung turun.
    
Manajer Operasional ASDP Indonesia Ferry Heru Purwanto menyebutkan lonjakan arus balik pemudik diprediksi kembali terjadi pada Sabtu (25/7).
    
"Pemudik diyakini akan memilih hari Sabtu untuk pulang, karena pada Minggu truk sudah mulai diseberangkan ke Merak," kata dia.
    
Ia juga menyebutkan
terjadinya penurunan arus mudik hingga tujuh persen.
    
"Penurunan pemudik tahun ini mencapai tujuh persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ujarnya.