Jika mencalonkan diri, enam asosiasi kontinental dukung Platini

id sepak bola,Jika mencalonkan diri, enam asosiasi kontinental dukung Platini

Jika mencalonkan diri, enam asosiasi kontinental dukung Platini

Michel Platini (www.telegraph.co.uk)

Zurich (Antara/Reuters) - Empat dari enam konfederasi sepak bola kontinental akan mendukung Michel Platini, ketua badan sepak bola Eropa UEFA, untuk memimpin badan sepak bola dunia FIFA seandainya ia mencalonkan diri, kata sumber yang dekat dengan UEFA pada Senin.
        
Pria asal Prancis Platini, yang kembali terpilih untuk menjadi presiden UEFA untuk masa jabatan ketiga pada awal tahun ini, kelihatannya akan menduduki posisi itu untuk sepuluh hari mendatang, kata sang narasumber.
        
Platini berulang kali dijanjikan dukungan pada pertemuan-pertemuan dengan para perwakilan konfederasi yang dilangsungkan pada Minggu malam di hotel mewah di Zurich, kata sang narasumber.
        
Komite eksekutif FIFA mengadakan pertemuan pada Senin untuk mendiskusikan rencana-rencana reformasi dan mencanangkan jadwal antara Desember sampai Februari untuk pemungutan suara untuk mencari pengganti presiden Sepp Blatter.
        
Blatter terpilih untuk masa jabatan kelima pada kongres yang berlangsung Mei, namun mengumumkan pada 2 Juni bahwa ia akan mengundurkan diri akibat skandal korupsi yang menghantam FIFA. Ia sendiri tidak dituding melakukan hal yang keliru.
        
Selain UEFA, konfederasi-konfederasi kontinental yang mewakili Amerika Selatan (CONMEBOL), Amerika Tengah, Utara, dan Karibia (CONCACAF), serta Asia (AFC) dilaporkan telah memberi tahu Platini bahwa mereka akan mendukung pencalonannya sebagai presiden FIFA.
        
Dua konfederasi lain adalah Afrika (CAF) dan Oseania (OFC).
        
Platini sempat disebut-sebut sebagai anak asuh Blatter dan merupakan suksesor alami untuk pria Swiss berusia 79 tahun itu. Bagaimanapun, keduanya menjadi rival pada tahun lalu, dan Platini mendesak Blatter untuk tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima pada Mei.
        
Para jaksa AS mendorong FIFA ke kemerosotan pada Mei dengan menahan 14 eksekutif pemasaran olahraga dan ofisial-ofisial sepak bola, termasuk sejumlah petinggi badan sepak bola itu. Tujuh orang ditahan dalam penyergapan yang dilakukan kepada hotel mewah di Zurich hanya dua hari sebelum diadakan kongres di mana Blatter kembali terpilih sebagai presiden.
        
Masing-masing dari 209 asosiasi anggota FIFA memiliki satu suara dalam pemilihan presiden.