Insomnia bisa sembuh dengan Yoga teratur

id yoga sembuhkan insomnia, insomnia dan yoga

...Yang punya vertigo harus diwaspadai, karena kalau posisi terbalik, akan memicu pusing," katanya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Insomnia atau susah tidur adalah salah satu hal yang sangat menganggu pengidapnya, namun "penyakit" tersebut bisa disembuhkan dengan melakukan yoga secara teratur.

"Yoga bertujuan untuk menenangkan gelombang pikiran. Dengan pikiran menjadi tenang, otomatis insomnia pun sembuh," kata instruktur yoga di pusat kebugaran Fitness First, Irwan Mursalim, di Jakarta, Kamis.

Pasalnya insomnia umumnya disebabkan oleh stres.

Selain bisa menyembuhkan insomnia, yoga juga bisa menyembuhkan nyeri punggung bawah atau encok dengan melakukan gerakan tertentu dalam yoga.

Irwan menyebut ada posisi yoga yakni jungkir balik dengan kepala di bawah dan kaki di atas. Gerakan tersebut bisa menyembuhkan nyeri punggung bawah serta memperbaiki kelainan struktur tulang belakang yakni skoliosis.

Posisi jungkir balik atau posisi terbalik ini sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. "Membuat wajah lebih awet muda," katanya.

Ia berujar secara keseluruhan, yoga sangat baik untuk tubuh karena bisa mempengaruhi kondisi psikis menjadi lebih relaks, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan melancarkan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat, gerakan yoga yang ekstrim tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Praktisi kesehatan olah raga dr Wishnu Hidayat, SpKO mengatakan orang-orang dengan penyakit tertentu tidak boleh melakukan gerakan yoga yang ekstrim seperti posisi terbalik. Beberapa penyakit tersebut diantaranya vertigo, glaukoma dan migren.

"Yang punya vertigo harus diwaspadai, karena kalau posisi terbalik, akan memicu pusing," katanya.

Selain itu, posisi terbalik juga tidak disarankan untuk penderita minus mata tinggi dan orang yang baru menjalani operasi mata.

"Dengan posisi kepala di bawah, aliran darah akan meningkat ke mata, untuk yang minusnya tinggi, diatas minus lima, jangan melakukan posisi ini," ujarnya. Kendati demikian, gerakan-gerakan yoga lainnya yang aman tetap bisa diikuti oleh semua orang (Ant)