PNM Targetkan tambahan 600 layanan modal mikro

id pnm ilustrasi, tambahan 600 layanan

PNM Targetkan tambahan 600 layanan modal mikro

ilustrasi PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan penambahan 600 Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) hingga 2017.(ist)

...Pada 2016 sampai 2017, kita akan menambah sekitar 600 kantor di daerah baru...
Jakarta (ANTARA Lampung) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan penambahan 600 Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) hingga 2017.

"Pada 2016 sampai 2017, kita akan menambah sekitar 600 kantor di daerah baru," ujar Sekretaris PT PNM Gung Panggodo di Gedung Arthaloka, Jakarta, Senin.

Ia menuturkan pengadaan jaringan baru di sejumlah wilayah tersebut akan dilaksanakan perseroan ketika mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah sebesar satu triliun rupiah.

Selain untuk memperluas jaringan, dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 itu, diharapkan cair sebelum akhir tahun agar dapat terus mendorong kegiatan pembiayaan dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil (UMK), tambahnya.

Menurut dia, walaupun pembiayaan UMK yang dilaksanakan PNM pada saat ini menurun sekitar 10 sampai 20 persen, namun hingga semester satu pemberian modal usaha tersebut tetap dilaksanakan.

"Pembiayaan baru masih terus dilakukan, walaupun tidak segencar tahun kemarin, ini dikarenakan bisnis UMK rata-rata sedang turun 30 persen," kata Gung Panggodo.

Lebih lanjut ia menambahkan perseroan telah menyaluran kredit sebesar Rp 1,27 triliun pada semester satu 2015, dimana nilai tersebut belum memenuhi 50 persen dari target pembiayaan perseroan selama satu tahun.

"Penyaluran pembiayaan baru, kita targetkan sebanyak Rp 3 triliun sampai dengan akhir tahun, tapi semester satu kita masih kurang sekitar Rp 200 miliar lagi, kekurangan ini dan sisanya akan digenjot pada smester dua, kami masih optimis akan sesuai target," ujarnya.