Dosen IBI Darmajaya berdayakan kelompok wanita tani

id ibi darmajaya, kelompok wanita tani

Kami terpanggil untuk melakukan pengabdian masyarakat dan ingin membantu mengembangkan potensi desa dengan pelatihan bagi kelompok wanita tani itu
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Dosen Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya di Lampung membantu memberdayakan masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan pengolahan tiwul serta aneka camilan bagi kelompok wanita tani di Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.

"Kami terpanggil untuk melakukan pengabdian masyarakat dan ingin membantu mengembangkan potensi desa dengan pelatihan bagi kelompok wanita tani itu," kata dosen IBI Darmajaya, Sri Lestari S.Kom MCs, didampingi rekannya Taufik SE, di Bandarlampung, Senin.

Kepala Jurusan Teknik Informatika itu menuturkan Terbanggi Besar memiliki potensi yang besar di bidang hasil pertanian berupa singkong, sehingga melalui pengolahan tiwul serta aneka camilan itu, diharapkan mampu meningkatkan nilai ekononi dari singkong serta sebagai upaya pemanfaatan potensi sumber daya lokal.

"Singkong merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap serta mempunyai cita rasa yang lezat. Singkong dapat diolah menjadi aneka camilan seperti getuk, keripik, bolu, dan tiwul instan dengan kemasan yang baik dan menarik sehingga memiliki daya simpan yang lebih tahan lama serta meningkatkan nilai jualnya," ujarnya.

Dia menjelaskan program pengabdian masyarakat ini merupakan Program Iptek Bagi Masyarakat (IBM) yang didanai Kementerian Riset Teknologi Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) tahun 2015.

Pelatihan yang diberikan yakni materi motivasi berwirausaha, manajemen usaha, pendampingan mengolahan produk, teknik pengemasan produk, dan media pemasaran daring/online.

"Seperti kita ketahui, kemajuan teknologi khususnya internet dapat memberikan banyak manfaat, termasuk sebagai media pemasaran online. Produk usaha dapat dipromosikan melalui media sosial, seperti website, facebook, twitter, dan lainnya, sehingga produk yang dihasilkan dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan menarik konsumen dari pangsa pasar yang lebih luas," ujarnya.

Melalui program ini, ia berharap dapat memberikan ilmu dan wawasan baru kepada kelompok wanita tani di Terbanggi Besar serta menumbuhkan semangat berwirausaha yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga agar terbentuk kelompok wanita tani yang mandiri, dan sejahtera.

Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi SE MA mengungkapkan bahwa IBI Darmajaya senantiasa berkomitmen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan dengan mendorong para dosen dan mahasiswa untuk aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Kami selalu menekankan para dosen untuk aktif dan terjun di tengah-tengah masyarakat dengan melakukan pengabdian, mengingat kemajuan suatu daerah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga menjadi tanggung jawab kita semua. Program pengabdian masyarakat yang dilakukan para dosen IBI Darmajaya merupakan bagian kontribusi perguruan tinggi dalam membantu masyarakat untuk menjadi lebih baik," katanya lagi. (Ant)