Waspadai titik rawan kecelakaan di Lampung Utara

id titik rawan kecelakaan di lampung utara, titik rawan di lampung utara

...Kami sudah memasang puluhan spanduk serta meletakan sejumlah tanda peringatan pada titik-titik rawan kecelakaan...
Kotabumi, Lampung Utara (ANTARA Lampung) - Bagi para pemudik Lebaran yang akan melintas di jalur Lintas Tengah Sumatera di wilayah Lampung Utara hendaknya mewaspadai tiga titik rawan kecelakaan.

Menurut Kasat Lantas Polres Lampung Utara AKP Endhie Pratama di Kotabumi, Senin, tiga titik rawan kecelakaan pada Jalan Lintas Tengah Sumatera itu telah tercatat oleh SatLantas Polres setempat.

Ketiga titik itu terdapat di Jalan Lintas Tengah Sumatera Km 101-102 Kalibalangan, Abung Selatan.

Titik kerawanan kecelakaan berikutnya terdapat di ruas Jalan Lintas Tengah Sumatera wilayah Abung Barat Km 122-123 Desa Beringin, Abung Barat, serta terdapat di Jalan Alamsyah Ratu Perwiranegara (ARPN), tepatnya di depan kantor Kejaksaan Negeri Kotabumi.

AKP Endhie Pratama menegaskan tiga titik rawan kecelakaan itu telah dipetakan, dan nantinya akan mendapatkan perhatian ekstra.

"Untuk kondisi titik rawan kecelakaan di Km 101-102 Kalibalangan dengan kondisi jalan datar dan lurus, permukiman padat penduduk, banyak pangkalan ojek, dan keluar masuk kendaraan pada stasiun pengisian bahan bakar umum dan rumah makan," katanya.

Kemudian untuk titik rawan kecelakaan lainnya berada di Km 122-123 Desa Beringin dengan kondisi jalan datar lurus, tidak bebas pandang, kurang penerangan dan rambu serta marka jalan.

"Sedangkan untuk titik rawan kecelakaan di Jalan ARPN tepatnya di depan kantor Kejaksaan Negeri Kotabumi, terdapat area berputar arah kendaraan, jalur dua dengan dua lajur, jalan lurus bergelombang, dan permukiman warga," ujarnya.

Pihaknya tengah melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan kemungkinan terjadi kecelakaan, dengan memasang spanduk imbauan dan tanda peringatan di titik-titik rawan kecelakaan itu.

"Kami sudah memasang puluhan spanduk serta meletakan sejumlah tanda peringatan pada titik-titik rawan kecelakaan dan daerah yang ramai lalu-lintasnya, untuk mengantisipasi kecelakaan," katanya.

Endhie juga mengatakan, pihaknya telah memetakan titik rawan kemacetan terutama lokasi Jalan Lintas Tengah Sumatera Pasar Bukit Kemuning, dan hal tersebut akan dikoordinasikan dengan pemkab setempat.

"Menjelang Idul Fitri rambu-rambu lalu lintas pun menjadi acuan keselamatan dalam berlalu lintas. Untuk rambu-rambu lalu lintas adalah weweng Dinas Perhubungan, sehingga kami pun akan berkoordinasi dengan Dishub terkait rambu itu. Namun, kami pun dengan swadaya telah memasang spanduk atau pun banner tentang petunjuk atau sosialisasi lalu-lintas," ujar dia.

Saat ini jajaran kepolisian setempat tengah mempersiapkan pendirian pos pelayanan mudik Lebaran 2015 yang akan ditempatkan di beberapa titik.

"Ini tengah kami godok, dan yang pastinya Polres Lampung Utara akan terus berupaya menciptakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan masyarakat dalam menghadapi mudik Lebaran 2015 nanti," kata Endhie.(Ant)