Rakyat Yunani tolak dana talangan

id Rakyat Yunani tolak dana talangan, krisis Yunani dan Eropa, IMF

Athena (Antara/Reuters) - Warga Yunani memilih menolak persyaratan dana talangan dari kreditur internasional--yang akan digunakan untuk membayar utang-utang Athena-- dalam referendum pada Ahad waktu setempat.
         
Hasil dari referendum tersebut menunjukkan bahwa 61 persen pemilih menolak tuntutan kreditur internasional yang meminta pemerintah Yunani untuk menaikkan pajak dan memotong dana pensiun.
         
Di lapangan Syntagma, Athena, beberapa ribu warga nampak membawa spanduk bertuliskan "tidak" dan meneriakkan slogan "mereka tidak akan pernah menang" saat hasil referendum mulai terlihat. DI sisi lain, sejumlah keluarga nampak menyelimuti diri dengan bendera Yunani sementara yang lainnya berdansa sambil menyalakan petasan.
         
"Pesan dari hasil referendum ini adalah bahwa kami tidak takut terhadap semua tekanan dari Eropa maupun dari dalam negeri," kata seorang warga, Stathis Efthimiadis (47), yang sehari-harinya bekerja sebagai guru sekolah.
         
Sebagaimana layaknya warga lain yang memilih "tidak" dalam referendum, Efthimiadis tidak percaya terhadap pejabat Uni Eropa yang sepanjang pekan lalu terus mengingatkan bahwa hasil "tidak" akan membuat Yunani terlempar sebagai pengguna mata uang euro.
         
Alih-alih, dia masih percaya bahwa Perdana Menteri Alexis Tsipras akan kembali ke meja perundingan untuk mendapatkan dana talangan dengan syarat yang lebih dapat diterima.
         
"Pekan depan, pemerintah Yunani mempunyai kesempatan untuk menggunakan hasil referendum ini dalam perundingan yang didasarkan pada nilai-nilai demokrasi di Uni Eropa," kata Konstantinos Petras (65), seorang pensiunan mekanik.