TB Hasanuddin dijagokan duduki Menkopolhukam

id tb hasanuddin menkopolhukam

...Kalau ditanya apakah Pak TB Hasanuddin cocok jadi Menkopolhukam, jawabannya ya cocok," katanya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Direktur Institute Public Indonesia (IPI) Karyono Wibowo menjagokan Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin untuk menduduki posisi Menteri Koordinator Politik Hukum Dan Keamanan (Menkopolhukam), menggantikan Tedjo Edhi Purdijanto untuk mendongkrak kinerja pemerintahan Joko Widodo.

"TB Hasanuddin adalah kandidat tepat karena selain menguasai masalah pertahanan keamanan dengan baik, dia juga lama di Komisi I DPR RI (Bidang Pertahanan), juga pernah Sekretaris Militer (Sekmil) pada era Pemerintahan Megawati Soekarnoputri sehingga memahami masalah sosial politik dengan  baik," kata Karyono di Jakarta, Minggu.

Karyono mengatakan, Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin sangat cocok dan tepat menggantikan posisi Tedjo.

Selain itu, kata Karyono, TB Hasanuddin memiliki kemampuan komunikasi publik yang  bagus. Dia sudah biasa berhadapan dengan media massa.

"Kalau ditanya apakah Pak TB Hasanuddin cocok jadi Menkopolhukam, jawabannya ya cocok," katanya.

Karyono menambahkan posisi Tedjo lebih cocok digeser ke Kementerian Koordinator (Menko) Maritim, karena dia dari TNI Angkatan Laut (AL).

"Dengan demikian tidak ada reshuffle untuk Pak Tedjo tetapi dia direposisi pada tempat yang pas," katanya.

Sementara itu, pengamat politik senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, Menkopolhukam harus dipimpin figur yang memahami betul tentang politik, hukum dan keamanan.

Pasalnya, Menkopolhukamn membawahi beberapa kementerian penting yaitu Kemendagri, Kemenlu, Kemhan, Kemenhukham, Kemenminfo, KemenPAN dan RB, Badan Intelegen Negara (BIN),  Kejaksanaan Agung, TNI, Polri, Lembaga Sandi Negara, Badan Koordinasi Keamanan Laut.

"Dengan banyaknya kementerian/lembaga yang dikoordinasi Menkopolhukan, mau tak mau menuntut menterinya piawai dalam melakukan koordinasi, sinergi, dan komunikasi," katanya.

Sosoknya, kata Siti Zuhro, harus orang yang  tegas, berintegritas, berwibawa tapi sangat piawai juga dalam melakukan berkomunikasi dengan publik.

"Jabatan Menkopolhukam ini sangat strategis dan signifikan karena memimpin kementerian/lembaga yang juga sangat strategis," katanya.

Ketika ditanya figur yang cocok untuk posisi tersebut, Siti Zuhro mengatakan, TB Hasanuddin bisa menduduki jabatan Menkopolhukam jika memenuhi kriteria yang disebutkan di atas.(Ant)