Pemkab Lampung Barat dorong partisipasi masyarakat aktif dalam pembangunan

id lomba pekon lampung barat, pekon balak lampung barat

Pemkab Lampung Barat dorong partisipasi masyarakat aktif dalam pembangunan

Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Hi.Makmur Azhari sedang meninjau stand Loma Pekon/Desa tingkat Provinsi Lampung yang diwakili Pekon Balak, Kecamatan Batu Brak, Lampung Barat. (FOTO Antaralampung.com/Humas)

...Saya berharap visi misi yang telah ditentukan dapat terealisasi dengan baik," kata Bupati...
Liwa, Lampung Barat (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terus berupaya untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan desa/pekon dan kelurahan serta sebagai upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong.

Oleh karena itu diperlukan suatu evaluasi keberhasilan dalam memberdayakan masyarakat tersebut dalam bentuk Perlombaan Pekon Kabupaten Lampung Barat Tahun 2015. Perlombaan Pekon dan Kelurahan Kabupaten Lampung Barat Tahun 2015 pada hakekatnya sebagai salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri.

Hal ini sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa atau pekon  dengan melihat lonjakan perkembangan pembangunan desa yang terwujud dalam segala aspek kehidupan masyarakat, antara lain peningkatan kualitas bidang kehidupan ekonomi, sosial, politik dan kebudayaan masyarakat serta terpeliharanya lingkungan.

Pelaksanaan Lomba Desa/Pekon yang dilaksankan pada bulan April lalu telah membawa  Pekon Balak, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat meraih Juara II pada Lomba Pekon tingkat Provinsi Lampung tahun 2015.

Kepastian tersebut didasarkan pada Surat Gubernur Lampung No : G/289/II.09/HK/2015 tanggal 06 Juni 2015 tentang Penetapan Pemenang Lomba Desa/Kampung/Pekon dan Kelurahan tingkat Provinsi Lampung tahun 2015.

Bupati Lampung Barat Drs. Hi. Mukhlis Basri mengapresiasi Badan Pemberdayaan Masyarakat  dan Pemerintahan Pekon (BPMPP) beserta satker terkait lainnya yang telah berhasil meraih Juara II pada Lomba Desa/Pekon tingkat Provinsi Lampung.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh satuan kerja terkait serta dukungan masyarakat. "Tanpa kerja sama seluruh satker dan dukungan masyarakat tidak mungkin kita bisa keluar sebagai juara tingkat provinsi. Karena penilaian lomba pekon ini benar-benar melibatkan masyarakat baik menata lingkungan, hidup sehat dan kegiatan sosial lainnya," ungkap Bupati.

Bupati juga mengharapkan ke depan berbagai prestasi akan terus diperoleh bukan hanya pada lomba desa/pekon tetapi juga penghargaan-penghargaan lainnya.

"Saya berharap visi misi yang telah ditentukan dapat terealisasi dengan baik, untuk itu saya mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk mari kita terus berusaha dan saling bekerjasama, tiada yang tidak mungkin untuk kita raih, untuk itu saya harapkan ke depan bukan hanya BPMPP saja tetapi program-program lain dapat terlaksana dengan baik," tegas Bupati.

Adapun daerah-daerah yang berhasil keluar sebagai juara pada lomba pekon tingkat Provinsi Lampung Tahun 2015, yakni Juara I, Desa Taman Sari Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur dengan skor 516, dan untuk Juara II diraih Desa/Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat dengan skor 507, di Juara III diraih Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dengan skor 491.

Juara I juga mendapatkan dana pembinaan  sebanyak Rp70 juta, Juara II mendapatkan dana pembinaan Rp50 juta, dan Juara III mendapatkan dana pembinaan Rp40 juta.(Ant/ADV)