Nelayan di Bandarlampung dapat bantuan kapal

id pemkot bandarlampung, bantuan kapal kepada nelayan

...Pemkot menyerahkan 15 kapal penangkap ikan untuk kelompok nelayan di wilayah Srengsem dan Gudang Lelang...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Nelayan di Kota Bandarlampung mendapatkan bantuan kapal penangkap ikan sebanyak 15 unit untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir.

"Pemkot menyerahkan 15 kapal penangkap ikan untuk kelompok nelayan di wilayah Srengsem dan Gudang Lelang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bandarlampung Mansyur Sinaga, di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan bantuan yang diberikan jenis kapal ketinting dengan jangkauan dua mil atau empat kilometer. Dari 15 kapal tersebut dibagi menjadi dua, 13 diserahkan untuk kelompok nelayan di wilayah Gudang Lelang dan dua di wilayah Srengsem.

Ia mengungkapkan, bahwa bantuan kapal ini berasal dari PT Daya Radar Utama Lampung. Bantuan ini, pada tahun sebelumnya pernah dilakukan hanya saja beberapa waktu lalu menggunakan dana APBD sedangkan tahun ini bantuan dari pihak swasta.

"Kapal ini bisa digunakan nelayan untuk mencari ikan dengan jangkauan maksimal dua mil, atau sekitar empat kilometer dari daratan," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung, Herman HN mengatakan bantuan yang diberikan untuk nelayan tidak berhenti hanya sampai sini, nantinya akan ada lagi bantuan lainnya.

"Masalahnya bagaimana bantuan ini bisa disalurkan, mengingat pegawai DKP trauma karena kasus tindak pidana sehingga banyak bantuan yang tidak diambil," kata dia.

Ia menegaskan, jika semakin banyak campur tangan orang tidak bertanggung jawab, dengan melaporkan pegawai DKP tanpa ada bukti, bantuan dari pemerintah pusat akan sulit didapat.

Ia menambahkan, bantuan untuk nelayan ini setiap tahun memang ada, tapi banyak yang tidak berjalan. Ini semua karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat pegawai ketakutan.