Rumah sakit kusta juga dibom bunuh diri

id Konflik Nigeria dan Afrika,Militer Nigeria Hancurkan Perkemahan Boko Haram

Kano, NIgeria (Antara/AFP) - Sedikit-dikitnya lima orang terbunuh dan 10 lagi terluka setelah seorang pelaku meledakkan diri di luar rumah sakit kusta di pinggiran kota Maiduguri, Nigeria timurlaut, kata petugas gawat darurat, Minggu.
        
Pengebom itu, yang mencoba masuk ke rumah sakit tersebut, meledakkan bahan peledak di tubuhnya saat berada di luar gedung rumah sakit itu pada Sabtu petang.
        
"Lima orang terbunuh dan 10 lainnya cedera di dekat RS Kusta, Molai, ketika seoang pria meledakkan dirinya sendiri," kata Mohammed Kanar koordinator Badan Koordinasi Nasional Gawat Darurat.
        
"Pelaku meminta masuk ke rumah sakit dan sedang merenung mencari cara untuk melewati pos pemeriksaan di gerbang ketika bom tersebut meledak."
   
Ia menambahkan bahwa pihak rumah sakit "Mengambil jasad korban dan membawa korban luka ke rumah sakit khusus,"
   
Seorang penduduk setempat Ibrahim Bulama mengatakan bahwa pria itu merupakan salah seorang dari tiga laki-laki yang diturunan dari sebuah mobil di dekat rumah sakit.
        
"Mereka melihat-lihat sekeliling terlebih dahulu dan terlihat ingin menyusup masuk ke rumah sakit," kata Bulama dan menambahkan bahwa gedung RS dijaga oleh relawan sipil yang didukung oleh militer untuk melawan penyusup Boko Haram.
        
"Tiba-tiba salah satu bahan peledak yang ada pada dirinya meledak, Dua orang lainnya melarikan diri dalam suasana membingungkan. Lima orang terbunuh dan 10 lagi terluka," katanya.

Penerjemah : M Dian A/B Soekapdjo