Para Sopir di Lampung Selatan akan Dites Urine

id Tes Urine Sopir, Polres Lampung Selatan

Kalianda, Lampung (ANTARA Lampung) - Kepolisian Resor Lampung Selatan berencana melakukan tes urine kepada seluruh sopir angkutan Lebaran 2015 untuk mengantisipasi dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik lebaran di daerah ini.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Hengki di Kalianda, Jumat (26/6), mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lampung Selatan, termasuk dari Satuan Narkotika Polres Lampung Selatan dan posko kesehatan lebaran dari Dinas Kesehatan.

"Tes urine ini kami lakukan agar para sopir yang membawa penumpang saat lebaran dapat bersih dari penyalahgunaan narkoba, sehingga tidak membahayakan penumpanng," ujarnya.

Dia menjelaskan, posko itu nantinya disiagakan pada dua titik, yakni Terminal Induk Rajabasa Kota Bandarlampung dan Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

"Sebelum berangkat membawa penumpang dari terminal, sopir akan dites urine. Ini diutamakan untuk para sopir bus, karena mampu membawa penumpang yang banyak. Tapi tidak menutup kemungkinan sopir travel juga akan dilakukan tes, karena ikut membawa penumpang," kata dia pula.

Kapolres mengatakan, akan menindak tegas para sopir yang diketahui positif menggunakan narkoba, dan akan dilakukan hingga ke penahanan.

"Kami tidak akan main-main, karena ini berurusan dengan nyawa orang banyak, maka akan kami tangkap dan tahan," ujarnya lagi.

Sebelumnya, ia menilai, banyak kecelakaan yang terjadi akibat sopir yang bertindak ugal-ugalan.

Hal itu disinyalir lantaran para pengemudi menggunakan narkoba.

Menurut Kapolres, belum pernah terjadi saat mudik lebaran dilakukan tes urine kepada para sopir angkutan umum.

"Belum ada sebelumnya yang seperti ini, sehingga akan kami mulai sekarang," kata dia lagi.