Siger Percussion Berharap Dukungan Publik Lampung

id Siger Percussion Lampung Utara, Tabuh Ramadan

Kotabumi, Lampung (ANTARA Lampung) - Setelah masuk 12 besar pada ajang Tabuh Ramadan, "Siger Percussion" asal Kabupaten Lampung Utara yang mewakili Provinsi Lampung, mengharapkan dukungan masyarakat daerah ini untuk dapat meraih hasil terbaik.

Harapan berupa adanya dukungan dengan mengirimkan pesan singkat (SMS) pada acara Tabuh Ramadan yang ditayangkan salah satu stasiun televisi itu, disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Kadisporabudpar) Kabupaten Lampung Utara, Karim, di Kotabumi, Jumat (26/6).

Menurutnya, pada acara yang ditayangkan stasiun televisi itu selama bulan Ramadan ini sebelumnya diikuti oleh 400 peserta yang mendaftar dan telah tersaring menjadi 200 peserta, selanjutnya tersaring menjadi 12 peserta termasuk Siger Percussion yang telah bertengger di level enam setelah menyisihkan peserta dari Kabupaten Kolaka Utara.

Kadisporabudpar Lampung Utara itu menyampaikan, saat ini putra dan putri asal Kabupaten Lampung Utara yang mewakili Provinsi Lampung yang lolos dalam acara itu, sedang dikarantina untuk berlatih mempersiapkan diri pada perhelatan grand final yang direncanakan akan diselenggarakan pada Jumat (3/7) mendatang.

"Acara ini disiarkan salah satu TV swasta (Trans 7, Red) selama bulan Ramadan disiarkan pukul 16.00-18.00 WIB, sehingga masyarakat Lampung dapat menyaksikan penampilan perwakilan daerah ini, sekaligus dapat memberikan dukungan melalui poling sms," ujar Karim lagi.

Dia menjelaskan bahwa Siger Percussion di bawah binaan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dan istri Bupati, Endah Kartika Prajawati Agung. Karena itu, menurutnya, dukungan dari masyarakat Lampung Utara dan Provinsi Lampung sangat diharapkan bagi keberhasilan mereka.

"Ini kegiatan kesenian yang akan membawa harum nama Provinsi Lampung, saat ini kami pun melalui Disporabudpar terus berupaya agar penampilan Siger Percussion dapat terus meningkat agar meraih prestasi yang baik serta berakhir dengan menjadi yang terbaik," katanya, seraya kembali meminta dukungan masyarakat Lampung untuk mengirimkan SMS dengan cara (KETIK: TABUR (spasi) SIGER kirim ke 93458).

Kabid Kebudayaan dan Kesenian (Disporabudpar) setempat, Nani Rahayu menambahkan bahwa Siger Percussion sudah sering tampil pada setiap event di Lampung Utara dan Provinsi Lampung.

"Awal mulanya mengikuti event di Taman Mini Indonesia Indah mendapatkan informasi event Tabuh Ramadan di salah satu TV nasional, anak-anak tertarik dan mencari tahu caranya," ujar Nani Rahayu, pembina Siger Percussion.

Siger Percussion kemudian mendaftar pada event tersebut, setelah sebelumnya melakukan rekaman, lanjutnya, dan dalam ajang ini dari 400 peserta yang mendaftar kemudian tersisa 200 peserta, serta saat ini tersisa 12 peserta dengan Siger Percussion termasuk di dalamnya.

"Sebelumnya, anak-anak kami bawa dulu berjumpa dengan Ibu Endah Kartika Prajawati, ternyata beliau langsung merespons dan memberikan arahan dan bantuan serta perhatian pak Bupati dan ibu, dengan harapan bersama Siger Percussion menang dan menjadi terbaik untuk harumkan nama Lampung Utara dan Provinsi Lampung di kancah nasional ini," ujarnya pula.

Siger Percussion akan kembali tampil menghadapi 11 peserta lain, menurut Nani Rahayu, peserta dibagi menjadi tiga grup dengan tim ini masuk dalam grup B.

"Kami bertekad anak-anak akan berupaya maksimal untuk merebut juara 1, 2, atau 3, dan sangat diharapkan bisa mendapatakan juara 1. Tentunya semua itu harus didukung dengan bantuan poling SMS masyarakat Lampung, mengingat poling SMS itu menjadi faktor pendukung kemenangan dalam ajang tersebut," kata dia lagi.