Makin sulit tonton pertandingan Barcelona ?

id Liga Spanyol,Klasemen Liga Spanyol

Makin sulit tonton pertandingan Barcelona ?

Pemain Barcelona bersuka cita setelah meraih gelar Liga Spanyol kelima mereka dalam tujuh tahun. (facebook.com/fcbarcelona)

Madrid (Antara/Reuters) -  Akan makin sulit menyaksikan aksi Lionel Messi, Nyemar dan Cristian Ronaldo. Liga profesional Spanyol (La Liga) berencana menawarkan hak penyiaran internasional untuk menayangkan pertandingan musim depan, tapi paket tersebut tidak akan menyertakan juara Barcelona dan tiga klub lainnya.
         
La Liga diikuti 38 dari 42 klub profesional di dua divisi teratas Spanyol dan telah menunjuk media penyiaran Spanyol Mediapro sebagai agen untuk bernegosiasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan. Namun Barca, bersama dengan Espanyol, Celta Vigo dan Real Sociedad, tidak akan disertakan.
         
Barca, juara Eropa, setuju pada bulan Februari untuk menjual hak siar pertandingan liga musim depan kepada raksasa telekomunikasi Spanyol Telefonica, dan mengakhiri kerjasama lama dengan Mediapro.
         
Espanyol, Celta Vigo dan Real Sociedad juga memiliki penawaran dengan Telefonica dan tidak akan disertakan dalam paket Mediapro, juru bicara mengkonfirmasi, Rabu.
         
Media Spanyol melaporkan bahwa Real Madrid telah menjual hak siar internasional untuk permainan mereka pada musim depan kepada Microsoft.
         
Namun, juru bicara Microsoft mengatakan kepada Reuters pada Rabu bahwa itu tidak terjadi dan kesepakatan teknologi mereka dengan Real tidak termasuk hak audiovisual.
         
Real tidak segera menanggapi permintaan untuk komentar.
         
Upaya La Liga memusatkan komersialisasi hak siar TV internasional untuk musim depan merupakan langkah pertama menuju sepenuhnya sistem kolektif penawaran yang diamanatkan dalam undang-undang pemerintah dan telah disetujui kabinet pada akhir April.
         
Sistem ini mengambil efek penuh dari musim 2016-2017 dan akan mengakhiri struktur hak-hak yang dijual oleh klub masing-masing saat ini, berpotensi membuka jalan bagi kenaikan harga yang tajam.
         
Namun, mencoba untuk pasar yang cocok bagi penyiaran internasional tanpa Barca, dan pemain bintang mereka seperti Lionel Messi dan Neymar, akan menyebabkan berkurangnya pendapatan terhadap sisa 38 klub untuk berbagi.
         
Perusahaan yang ingin menyiarkan semua pertandingan musim depan harus setuju satu kesepakatan dengan Mediapro/La Liga dan bernegosiasi untuk pertandingan tersisa lainnya dengan Telefonica.
         
"Dalam hal La Liga tidak memegang semua hak audiovisual untuk musim 2015-2016, sejumlah klub tidak memiliki hak untuk dinegosiasikan," kata liga dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan Senin.
         
Presiden La Liga Javier Tebas mengatakan pada pekan lalu bahwa ia berharap kesepakatan bisa dicapai dengan Barca dan tiga klub lainnya "di tahun-tahun mendatang".