Wali Kota: Terminal Rajabasa siap hadapi mudik

id terminal rajabasa, herman hn, wali kota bandarlampung

Wali Kota: Terminal Rajabasa siap hadapi mudik

Terminal Induk Rajabasa, Kota Bandarlampung (ist)

...Terminal Induk Rajabasa sudah siap menyambut arus mudik Lebaran ini, dan akan ada penambahan lampu tembak lima unit...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Terminal Induk Rajabasa di Kota Bandarlampung siap menyambut pemudik Lebaran 1436 Hijriah dengan berbagai pembenahan, seperti penambahan penerangan lampu dan ruangan bagi para pemudik pada malam hari.

"Terminal Induk Rajabasa sudah siap menyambut arus mudik Lebaran ini, dan akan ada penambahan lampu tembak lima unit," kata Wali Kota Bandalampung, Herman HN di Bandarlampung, Senin.

Dia menegaskan, selama bulan Ramadan ini, Terminal Rajabasa akan beroperasi secara penuh selama 24 jam, dan direncanakan banyak posko pelayanan pemudik disediakan di terminal induk antarkota dan lintas antarprovinsi di Lampung ini.

"Penerangan di terminal ini akan selesai terpasang pada H-10, semua lampu sebanyak lima unit sudah hidup semua, yaitu tiga lampu pada lokasi tempat turun penumpang dan dua lainnya akan dipasang di luar sekitar terminal," kata Herman.

Sedangkan posko layanan kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandarlampung, awal puasa lalu telah difungsikan dan dijaga oleh beberapa orang perawat.

"Dokternya akan kami tempatkan pada pertengahan bulan puasa ini, sehingga bila ada penumpang yang sakit bisa berobat secara gratis atau hanya sekadar mengecek tekanan darah maupun untuk beristirahat di posko ini," katanya.

Wali Kota menegaskan, sejumlah ruas jalan di sekitar terminal itu pun akan menjadi mulus. Ini semua agar pada arus mudik Lebaran tahun ini lancar, dan para pemudik merasa nyaman ketika masuk ke Terminal Rajabasa.

"Untuk keamanan di terminal ini, saya pastikan akan aman, karena Terminal Rajabasa tidak lagi seram seperti yang disangkakan orang," kata dia.

Herman menyatakan, terminal terbesar di Lampung ini sekarang sudah aman, untuk menjaga keamanannya dikerahkan petugas gabungan dari kepolisian, TNI AD, TNI AL, Dishub, Satpol PP, dan berbagai ormas yang turut serta mengamankan terminal ini.

Kepala Terminal Induk Rajabasa, Antoni Makki mengatakan, sejauh ini persiapan terminal ini dalam menyambut arus mudik Lebaran tahun 2015 berjalan lancar.

"Untuk gedung terminalnya, kami sudah lakukan bersih-bersih, kemudian ada rehabilitasi kecil untuk toilet dan saat ini sudah siap digunakan, sehingga selanjutnya akan dibersihkan terus menerus oleh pihak pengelola," kata dia.

Ia mengungkapkan, untuk lampu penerangan di terminal diperkirakan H-15 telah bisa dinyalakan.

Sementara, untuk persiapan armada angkutan di terminal ini, pihaknya saat ini sedang melakukan uji kelaikan (KIR) untuk semua armada kendaraan umum yang keluar masuk di Terminal Rajabasa.

"Sekarang sedang kami uji kelaikan semua armada angkutan yang ada," kata dia lagi.