Bupati Resmikan Gedung Baru RS Ryacudu Kotabumi

id RSU Ryacudu, Resmikan Gedung RSU Ryacudu, Kotabumi Lampung

Bupati Resmikan Gedung Baru RS Ryacudu Kotabumi

Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara di dampingi Assisten II Drs. H. Fahrizzal Ismail dan Direktur RSUD Ryacudu Kotabumi dr. Maya Metissa.M.Kes menggunting pita tanda di resmikannya Gedung ICCU RSUD Ryacuddu Kotabumi, Kamis (18/6). (Foto d

Kotabumi, Lampung (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara meresmikan penambahan satu unit gedung baru RSU Ryacudu di Kotabumi, Kamis (18/6).

Penambahan satu unit gedung baru itu digunakan untuk ruang terpadu yaitu ruangan ICU, Hemodialisa, dan Trauma Center.

Peresmian gedung ini dilakukan langsung oleh Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, dengan ditandai pengguntingan pita sebagai tanda gedung tersebut dibuka.

Bupati Lampung Utara dalam kesempatan itu mengharapkan kepada semua pegawai dapat menjaga dan memelihara semua fasilitas milik RSUD Ryacudu.

"Kita harapkan bangunan yang baru ini dapat digunakan dengan optimal," kata Agung pula.

Selain itu, dirinya meminta kepada seluruh tenaga medis di RSU Ryacudu Kotabumi itu, agar memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat.

Secara terpisah, Direktur RSUD Ryacudu Kotabumi dr Maya Metissa mengatakan, ruang ICU yang baru tersebut mampu menampung enam orang pasien dengan sarana dan prasarana lainnya mulai dilengkapi.

Sedangkan untuk kekurangan lainnya akan dipenuhi pada tahun 2015 ini, seperti ventilator tambahan, dan oksigen.

Maya Metissa mengatakan, saat ini RSUD Kotabumi ini sudah menyediakan ruangan cuci darah (hemodialisa). Ruangan itu diperuntukkan bagi pasien cuci darah. "Ini salah satu program yang kita dambakan bisa menyediakan tempat cuci darah. Jadi masyarakat Lampung Utara tidak perlu jauh-jauh lagi untuk cuci darah," ujarnya.

Dia menyatakan, RSUD Lampung Utara sempat disebut sebagai rumah sakit tertinggal dibandingkan kabupaten lain, menurutnya, karena mereka sudah memiliki mesin untuk cuci darah.

Keberadaan ruang cuci darah di RSUD Ryacudu Kotabumi, selanjutnya diharapkan nantinya RSU Ryacudu yang ia pimpin itu akan menjadi pusat rujukan dari beberapa kabupaten terdekat.

"Seperti dari Kabupaten Tulangbawang Barat (TBB), Pesawaran ,dan lainnya.

Jadi pasien yang hendak mencuci darah bisa lebih hemat biaya hidupnya, meskipun sudah digratiskan menggunakan BPJS.

Adapula delapan ruang VIP yang rencananya akan diberi nama ruang VIP Bunga, kata dia lagi.

Saat ini RSUD Ryacudu Kotabumi sudah memaksimalkan pelayanan dengan baik, dengan sumber daya manusia mulai dari dokter spesialis terdapat 17 orang, dokter umum 13 orang, dan tenaga medis sebanyak 600 orang.