Pebalap Robin Manulang raih emas

id SEA GAMES, Robin Manulang, balap sepeda

Pebalap Robin Manulang raih emas

Robin Manulang (Antarafoto )

Singapura (Antara Lampung) - Pebalap Robin Manullang menyumbang emas bagi kontingen Indonesia setelah menjadi yang tercepat papa nomor Individual Time Trial (ITT) SEA Games 2015 di lintasan balap Marina Bay South, Singapura, Kamis.
         
Emas yang diraih oleh pebalap yang selama ini memperkuat Pegasus Continental Cycling Team (PCT) merupakan yang pertama bagi tim balap sepeda Indonesia. Padahal cabang ini tidak mendapatkan target dari Satlak Prima.
        
Pebalap dengan nomor start menjadi yang terbaik di nomor ITT setelah membuka catatan waktu 53 menit 55,41 menit. Catatan waktu Robin Manullang itu lebih cepat 52,16 detik dari peraih perak yaitu. Booratana Thanakorn asal Thailand dengan catatan waktu 54 menit 47,57 detik.
        
Untuk peraih perunggu adalah pebalap asal Vietnam, Trinh Duc Tam dengan catatan waktu 55 menit 39,20 detik. Sebenarnya, Indonesia pada nomor ini juga menurunkan Tonton Susanto, namun pebalap senior itu hanya finis di urutan ke tujuh dengan catatan waktu 56 menit 26,86 detik.
        
"Sebenarnya saya pasrah aja pada kejuaraan ini. Main tidak ada beban saja. Intinya main los," kata Robin Manullang usai menyelesaikan perlombaan.
        
Menurut Robin bukan perkara mudah untuk meraih kemenangan pada SEA Games 2015 karena persaingan sangat ketat. Selain itu dirinya belum kenal dengan lintasan yang akan dilalui. Bahkan pada dua lap pertama digunakan untuk mempelajari karakter lintasan.
        
Setelah sudah mengetahui karakter lintasan, Robin yang start nomor dua dari Belakang langsung menekan dan terus menyusul pebalap yang berada di depannya termasuk pebalap Thailand yang diakhir perlombaan merebut perak.
         
"Kuncinya bermain konstan. Selain itu ada tanjakan di km 2,5. Disitu saya terus memperpendek jarak dengan pebalap didepan saja. Itu terus saya lakukan hingga finis".
        
ITT pada SEA Games 2015 menempuh jarak 39,7 km. Robin Manullang memang cukup dominan. Dukungan dari luar lintasan juga menambah kepercayaan diri pebalap Pegasus untuk terus berusaha memberikan yang terbaik. Akhirnya balap dendam tercapai.
         
"Pada SEA Games Myanmar saya hanya dapet perak. Sekarang akhirnya dapat emas. Yang jelas, emas ini untuk balap sepeda Indonesia," kata Robin Manullang dengan tersenyum.
         
Setelah menyelesaikan nomor ITT, Robin Manullang masih membuka peluang untuk merebut emas berikutnya karena bersama dengan lima pebalap Indonesia lainnya akan turun di nomor criterium di tempat yang sama, Jumat (12/6).
         
Pebalap Indonesia yang akan turun pada criterium selain Robin Manullang adalah Tonton Susanto, Aiman Cahyadi, Jamalidin Novardianto, Elan Riyadi dan Muhammad Nur Fatoni. Pebalap ini juga akan turun di nomor road race.