Sutiyoso dipilih sebagai Kepala BIN

id Kepala BIN, Panglima TNI, Sutiyoso

Sutiyoso dipilih sebagai Kepala BIN

Sutiyoso, yang juga akrab dipanggil Bang Yos, ditunjuk sebagai Kepala BIN yang baru, menggantikan Letjen (Purn) Marciano Norman (Antaranews.com)

Jakarta (Antara Lampung) - Mantan Pangdam Jaya yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso ditunjuk sebagai Kepala BIN yang baru, menggantikan Letjen (Purn) Marciano Norman.

Guru besar Universitas Pertahanan, Prof Dr Salim Said menilai pemilihan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara bukan berdasarkan latar belakangnya sebagai ketua umum partai politik.
         
"Sutiyoso itu dulu bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat. Dia tentu memiliki pengalaman intelijen saat bertugas di Sandi Yudha," kata Salim Said.
         
Salim juga menilai Sutiyoso merupakan seorang pekerja keras. Saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dia terbiasa bekerja keras. Karena itu, Salim berharap Sutiyoso berhasil memimpin lembaga intelijen tersebut.
        
Terkait keputusan memilih Sutiyoso untuk menjadi Kepala BIN, Salim mengatakan hal itu merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Siapa pun figur yang menjadi Kepala BIN sangat bergantung kepada Presiden.
         
"Tentu ada banyak calon yang bisa dipilih, tetapi Presiden Jokowi memilih Sutiyoso. Saya doakan semoga sukses," tuturnya.
         
Sebelumnya, Ketua DPR Setya Novanto mengatakan telah menerima surat dari Presiden Jokowi terkait penunjukan Sutiyoso sebagai Kepala BIN menggantikan Marciano Norman.
         
"Presiden menunjuk Pak Sutiyoso menggantikan Pak Marciano," kata Setya Novanto.