LAPAN : Indonesia tidak terpengaruh cuaca panas

id suhu, cuaca panas di India

LAPAN : Indonesia tidak terpengaruh cuaca panas

Akibat suhu panas (ANTARA/Irsan Mulyadi)

Jakarta (Antara Lampung) - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Prof Thomas Djamaluddin mengatakan Indonesia masih aman dan tidak akan terpengaruh oleh gelombang panas yang menerjang negara India serta menewaskan banyak warga. Suhu panas di India telah menewaskan sedikitnya 2.207 orang.
        
"Indonesia masih aman, gelombang panas tersebut tidak akan mengarah ke Indonesia, karena dinamika atmosfer di sana dan di sini sudah berbeda," kata Thomas usai acara penandatanganan kerja sama dengan beberapa universitas-universitas nasional di Jakarta, Senin.
        
Lebih lanjut, ia menjelaskan Lapan terus memantau pergerakan cuaca dari penginderaan jarak jauh melalui satelit, sehingga setiap peningkatan suhu akan terpantau.
        
Penelitian mengenai bencana-bencana juga akan dievaluasi dengan data dan statistik sehingga lebih mudah untuk diantisipasi sebelum kejadian.
 
Kebanyakan korban adalah para manula dan pekerja yang menderita dehidrasi.
         
Gelombang panas di India disebabkan oleh angin kontinental kering yang ditiup dari Iran dan Afghanistan. Cuaca tersebut diperkirakan akan mereda pada akhir pekan ini sebelum kedatangan musim hujan di wilayah timur dan selatan.  (baca :Suhu Ekstrem Landa Suriah, Sejumlah Meninggal)