Resi Gudang Bisa Menahan Harga Pasar

id rsi gudang, harga pasar, produk unggulan, gubernur lampung,

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan bahwa pembangunan gudang dengan sistem resi gudang diharapkan mampu menahan harga agar berada pada tingkat wajar dan menjawab kendala penguatan harga hasil komoditas pertanian.

"Selain itu, juga memberikan manfaat bagi pengusaha kecil, petani dan kelompok tani untuk mengakses permodalan serta memberikan nilai tambah terhadap komoditas pertanian," kata dia, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, pemerintah pusat memberikan perhatian yang lebih kepada Pemerintah Provinsi Lampung melalui pembangunan sarana dan prasarana perdagangan, antara lain dengan pembangunan gudang untuk resi gudang.

Gubernur Lampung itu juga mengharapkan dengan operasionalnya gudang dengan sistem resi gudang ini dapat menjadi pembelajaran dan meningkatkan pemahaman terhadap fungsi dan manfaatnya.

Sehingga, lanjutnya, pemerintah dapat membantu masyarakat khususnya para petani di daerah ini.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi menghadiri peresmian gudang dengan sistem resi gudang, di Pekon Tekad Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus, pada Jumat (29/5).

Acara itu dibuka oleh Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, dihadiri pula Inspektur Jendral Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih.

Provinsi Lampung merupakan daerah penghasil utama beberapa komoditi pertanian, khususnya beras, kopi, lada, kakao, tebu, padi, jagung, ubi kayu dan sapi potong.

Hal ini tercermin dari kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 36,8 persen.