Perwira TNI Wajib Ikut Tes Kesehatan Jasmani

id korem 043 gatam, tes kesehatan jasmani, perwira tni, kepala penerangan koren, mayor ch prabowo

Kegiatan ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD."
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Puluhan perwira menengah TNI yang bertugas di Korem 043/Gatam Lampung diwajibkan ikut tes kesegaran jasmani.

Kepala Penerangan Korem 043/Gatam, Mayor CH Prabowo, di Bandarlampung, Rabu (27/5), menyatakan, dalam rangka pembinaan fisik prajurit dan untuk mendukung kelancaran tugas pokok, Korem 043/Gatam Lampung menggelar rangkaian kegiatan tes kesamaptaan jasmani periodik I tahun 2015 bagi para perwira menengah berpangkat mayor dan letnan kolonel tersebut.

Tes kesamaptaan pamen Korem 043/Garuda Hitam itu dilaksanakan oleh Tim Jasmani Korem Gatam di Stadion PKOR Way Halim Bandarlampung, berlangsung dua hari, Selasa (26/5) hingga Rabu ini, diikuti oleh 53 perwira menengah yang dibagi menjadi dua gelombang.

"Kegiatan ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD," ujarnya lagi.

Karena itu, menurutnya, setiap prajurit Korem 043/Gatam agar memanfaatkan dan melaksanakan pembinaan fisik sesuai program secara baik dan teratur, selain untuk membina fisik juga sebagai sarana menunjang tugas pokok satuan dan sebagai bahan evaluasi sejauhmana kemampuan fisik yang sudah dibina atau pun yang disiapkan satuan bagi prajurit.

Dia menyampaikan, dalam tes kesamaptaan jasmani ini berupa Samapta A, yaitu lari dengan jarak tempuh 3.200 meter, dan Samapta B berupa pull up, sit up, push up masing-masing satu menit dan shuttle run.

Pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani periodik ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, katanya pula.

Sebelum pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan berupa cek tekanan darah oleh tim medis dari Rumah Sakit DKT IV Bandarlampung untuk mengetahui kesiapan dan kesehatan bagi pamen yang akan mengikuti tahapan kegiatan kesemaptaan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.