Menteri BUMN Bahas Percepatan Jalan Tol Sumatera

id menteri bumn, rini soemarno, jalan tol sumatera, ruas bakaheni-terbangi besar

Menteri BUMN Bahas Percepatan Jalan Tol Sumatera

Menteri BUMN Rini Soemarno memberikan penjelasan kepada wartawan terkait pembangunan jalan tol Sumatera ruas Bakauheni--Terbanggi Besar Lampung di Bandarlampung, Rabu (27/5) (foto istimewa)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan rapat kerja dengan Pemerintah Provinsi Lampung membahas percepatan pembangunan jalan tol Sumatera ruas Bakauheni--Terbanggi Besar.

"Instruksi Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan jalan tol trans Sumatera harus dapat tersambung antara Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera pada Juni 2018," kata Rini dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, di ruang rapat Kantor Dinas Bina Marga Provinsi Lampung, Bandarlampung, Rabu (27/5).

Ia menyebutkan, dengan instruksi Presiden Jokowi itu, perlu adanya kerja keras tim pembangunan. Pola kerja yang sudah ada dirasa sudah baik, namun pertemuan kali ini perlu ditekankan pada mendetailkan status dan tahapan proses pembangunan agar bisa merealisasikan target pembangunan dengan waktu yang telah ditetapkan.

Menurutnya, pekerjaan pembangunan harus berjalan secara simultan dan tim pembangunan dapat saling dukung antar setiap elemen yang terlibat.

Rini menegaskan pula bahwa pembangunan dibuat secara gate to gate (jalan masuk dan jalan keluar tol), sistem 'section to section' akan dihapuskan agar memudahkan pembagian kerja pada tim kerja BUMN yang ditugaskan mengerjakan pembangunan.

"Sebagai target utama proses pembangunan akan dihapuskan agar memudahkan pembagian kerja pada tim kerja BUMN yang ditugaskan mengerjakan pembangunan, sebagai target utama proses pembangunan akan difokuskan pada tiga titik percepatan yakni di Bakauheni, Sabah Balau dan Tegineneng.

Menteri BUMN menambahkan percepatan pembangunan tol Sumatera itu, jangan sampai pula tim pembangunan melanggar aturan yang ada.

Direktur Jendral Pekerjaan Umum Hediyanto menegaskan akan diadakan rapat rutin secara berkala setiap dua pekan sekali di Dinas Bina Marga Provinsi Lampung yang juga akan dipimpin langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Pertemuan secara intensif tersebut kiranya dapat memaksimalkan upaya-upaya tim pembangunan dalam memecahkan kendala yang ditemukan tim pembangunan di lapangan.

Pada pertemuan ini juga Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi secara tegas mengatakan tim persiapan percepatan pembangunan jalan tol Sumatera ruas Bakauheni--Tegineneng akan menyelesaikan proses penetapan lokasi dari 140 km ruas jalan tol tersebut sebelum Idul Fitri.

Pada rapat itu hadir Sekretaris Menteri BUMN Imam Apriyanto Putro, Direktur Jendral Bina Marga Hediyanto, dan beberapa Direktur BUMN yang terlibat dalam proses pembangunan jalan tol seperti Direktur Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra, Direktur Waskita Karya I Nyoman Wirya Adnyana dan Direktur Adhi Karya Kismodarmawan.

Pejabat Pemprov Lampung yang hadir selain Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, juga Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung Adeham, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Budi Darmawan.