Kemajuan Teknologi Dapat Cegah Penipuan Akademis

id kemajuan teknologi informasi, penipuan akademis

Internet membantu masyarakat dalam menilai karateristik dan kredibilitas dari sebuah perguruan tinggi sehingga bisa terhindar dari penipuan akademis."
Jakarta (ANTARA Lampung) - Masyarakat dinilai perlu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi seperti internet untuk memilih lembaga pendidikan yang berkualitas sehingga masyarakat dapat terhindar dari praktik jual-beli ijazah palsu.

"Internet membantu masyarakat dalam menilai karateristik dan kredibilitas dari sebuah perguruan tinggi sehingga bisa terhindar dari penipuan akademis. Kemajuan teknologi juga bisa memudahkan masyarakat mencari rekam jejak dari sebuah perguruan tinggi," kata Chairman International Advisory Council IPMI International Business School Bambang Susantono yang juga Ketua Alumni University of California, Berkeley di Indonesia, Selasa.

Dia menambahkan institusi pendidikan yang berkualitas memiliki fasilitas pendidikan mumpuni yang bisa dilihat secara kasat mata. Di samping itu, kualifikasi pengajar, silabus dan metode pengajaran akan sangat menentukan kualitas dari lulusannya. Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini maka informasi tersebut mudah digali dengan berselancar di dunia maya.

Menurutnya, kampus bertaraf internasional seperti University of California, Berkeley atau Harvard Business School tidak akan sembarangan melakukan kerja sama dengan pihak kampus lain. Perjanjian kerja sama hanya akan dilaksanakan apabila kedua kampus dianggap setara dalam hal kualitas pendidikan.

Lebih lanjut dia mencontohkan proses belajar mengajar di IPMI. Sebagai sekolah bisnis, IPMI menyediakan materi pembelajaran berstandar internasional dengan kasus-kasus bisnis dari Harvard Business School Case-Study. Penyampaian materi kuliah berbahasa Inggris dengan para pengajar dari praktisi dan akademis.

Bambang menilai, para lulusan institusi pendidikan bergengsi juga berperan penting dalam memberikan kelancaran kiprah alumninya di ranah profesional. Jejaring alumni juga dapat membuka peluang bisnis dan membuka kesempatan karir yang lebih baik serta menjaga kredibilitas perguruan tingginya.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menemukan sejumlah Perguruan Tinggi terbukti mengeluarkan ijazah tidak ilegal. Bahkan, ada lembaga pendidikan yang mengaku sebagai cabang dari University of Berkley Michigan yang tidak diakui sebagai kampus terakreditasi di sejumlah negara bagian Amerika Serikat.