Warga Bandarlampung Minta Jalan Soekarno-Hatta Diperbaiki

id jalan soekarno-hatta, jalan lintas sumatera, jalan rusak,

Warga Bandarlampung Minta Jalan Soekarno-Hatta Diperbaiki

Salah satu ruas Jalan Negara Lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Kota Bandarlampung yang diperbaiki. (ANTARA FOTO Dok/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Warga Kota Bandarlampung di Provinsi Lampung meminta pemerintah segera memperbaiki Jalan Soekarno-Hatta, karena kondisi kerusakan jalan sudah sangat parah dan membahayakan pengguna kendaraan di Jalan Lintas Sumatera ini.

Menurut warga, pada ruas Jalan Soekarno-Hatta di Bandarlampung, Minggu, tepat di depan Hotel Nusantara sering terjadi kecelakaan meskipun tidak sampai memakan korban jiwa.

Dalam satu hari bisa terjadi kecelakaan sampai tiga kali walaupun belum sampai memakan korban jiwa.

Kerusakan parah ruas Jalan Lintas Sumatera itu pun terlihat hampir di sepanjang jalan negara ini dan keadaan ini semakin diperparah dengan lampu jalan yang juga belum hidup.

"Dalam satu hari kecelakaan di depan warung saya ini bisa sampai tiga kali," kata Farifa (34), pemilik warung di pinggir Jalan Soekarno-Hatta itu pula.

Dia mengatakan bahwa kerusakan jalan ini semakin hari keadaannya makin parah, lubang di badan jalan semakin besar. Akibatnya kendaraan yang melewatinya bila berkecepatan tinggi akan terguling.

Menurutnya, mobil yang melewati jalan itu pernah terguling akibat lubang di badan jalan tersebut, apalagi malam hari dengan kondisi jalan yang gelap semakin berbahaya bagi para pengguna kendaraan di jalan ini.

Kondisi jalan rusak itu membuat banyak pengguna kendaraan di sekitarnya mengaku enggan bepergian di malam hari melalui jalan tersebut, mengingat ruas Jalan Soekarno-Hatta selain gelap, kondisi badan jalannya juga banyak berlubang.

"Saya jarang berkendaraan di malam hari melewati jalan itu, sama saja membahayakan diri sendiri," kata Kisno, sopir truk.

Ia mengatakan, sudah 10 tahun lebih berprofesi sebagai sopir truk dan selama itu pun pula jalan-jalan utama di provinsi ini tidak pernah rapi atau selalu dalam kondisi rusak sehingga berbahaya bagi pengguna kendaraan.

Menurutnya, seharusnya pemerintah jangan hanya memperbaiki jalan itu saat menjelang Idulfitri, seperti proyek tahunan yang tidak pernah selesai.

"Harusnya jalanan ini dibeton semua jangan hanya diaspal, memang sebagian sudah dibeton tapi masih saja ada yang berlubang," kata dia pula.

Dia mengharapkan, pemerintah dapat memperhatikan jalan ini, apalagi jalan tol Trans Sumatera belum terealisasi.