PT jual ijazah akan ditutup

id pt jual ijazah, jual ijazah, sarjana tanpa kuliah, wisuda universitas jambi

...Untuk apa memiliki ijazah tanpa mengikuti proses perkuliahan yang benar," katanya.
Jambi (ANTARA Lampung) - Jika ada perguruan tinggi yang menjual ijazah maka akan ditutup dan dibubarkan, kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir.

"Kepada semua masyarakat terutama Jambi mohon jangan melakukan transaksi jual ijazah, kalau ada perguruaan tinggi yang jual ijazah, akan saya tutup, saya bubarkan," katanya usai menghadiri wisuda Universitas Jambi di Jambi, Jumat.

Tindakan tegas terhadap perguruan tinggi yang tidak mengunakan proses yang benar sangatlah perlu, tujuannya untuk meningkatkan marwah bangsa Indonesia, pendidikan negeri, pendidikan swasta maupun pendidikan tinggi di Tanah Air.

"Masalah ijazah memang perlu kita lakukan penindakan, sebab ini sudah menjadi isu nasional. Kami akan melakukan inspeksi mendadak kemana dan dimana saja," katanya.

Ketika ditanya apakah di Jambi ada transaksi jual ijazah tersebut, Nasir menegaskan belum ada. Namun bukan berarti Jambi bersih dari hal itu.

"Kalau dari Jambi laporan kepada kami belum ada, tapi tidak berarti semuanya bersih, kami tetap akan lakukan inspeksi mendadak dengan mendatangi tempat-tempat yang memungkinkan transaksi itu. Paling tidak mengetahui proses pembelajaran yang ada," katanya menjelaskan.

Menurut Nasir, akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab di perguruan tinggi yang melakukan transaksi jual ijazah itu, tentu akan menjatuhkan nilai kompetitif pendidikan di Indonesia.

"Jual ijazah oleh oknum di perguruan tinggi rentan terjadi, tapi untuk apa memiliki ijazah tanpa mengikuti proses perkuliahan yang benar," katanya.(Ant)