Jalan Soekarno-Hatta Kotabumi Lampung Digenangi Air

id antaralampung.com, berita lampung terkini, jalan rusak

Ini mungkin karena siringnya enggak ada atau sudah rusak. Kondisi ini sering terjadi saat hujan turun."
Kotabumi, Lampung (ANTARA Lampung) - Warga dan pengguna jalan mengeluhkan genangan air di Jalan Soekarno-Hatta Kotabumi Kabupaten Lampung Utara yang sering terjadi setiap hujan turun.

Mahtaridi (38), warga Kotabumi Selatan, di Kotabumi, Jumat (15/5), menuturkan genangan air pada badan Jalan Soekarno-Hatta tersebut kemungkinan terjadi karena aliran siring atau drainase di sekitar jalan itu telah rusak.

"Ini mungkin karena siringnya enggak ada atau sudah rusak. Kondisi ini sering terjadi saat hujan turun," ujarnya pula.

Akibat genangan air di badan Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di depan kantor Veteran dan kantor PT PLN Cabang Bumi Abung Kotabumi tersebut, warga atau penguna jalan banyak yang memutar arah karena khawatir terjebak macet di daerah itu.

"Karena ketinggian air saat hujan deras bisa mencapai 30--50 meter, sehingga membuat para penguna jalan harus memutar arah melewati Kota Alam. Tapi, untuk kendaraan besar seperti truk dan fuso masih bisa melewatinya," kata dia.

Keluhan senada juga diungkapkan Saipul Anwar, salah seorang pengguna jalan yang terpaksa memutar balik kendaraannya untuk melalui jalan lama (Bernah-Kotabumi) karena kawatir kendaraannya mengalami kerusakan saat melalui Jalan Soekarno-Hatta tersebut.

"Saya pilih putar balik saja, karena mobil saya mobil kecil takut macet mengingat genangan airnya itu terlihat sangat dalam," kata Saipul lagi.

Kondisi genangan air di depan kantor Veteran dan PLN Kotabumi ini, terjadi akibat aliran air dari arah Kota Kotabumi menuju Pasar Sentral Kotabumi eks Terminal Induk tersebut karena saluran siringnya telah mengalami kerusakan.

Akibatnya, bila hujan turun aliran airnya menggenangi badan jalan dengan kedalaman mencapai 50 meter.

Saat hujan terjadi pada Selasa (12/5) dan Kamis (14/5) ini, badan Jalan Soekarno Hatta Kotabumi kembali mengalami genangan air, akibat curah hujan yang tinggi.