Realisasi Ekspor Kopi Instan Lampung 74 Ton

id antaralampung.com, berita lampung terkini, Realisasi Ekspor Kopi Instan Lampung 74 Ton, lampung, kadis perdagangan lampung

Realisasi Ekspor Kopi Instan Lampung 74 Ton

Kopi instan (ANTARA FOTO/dok)

Jumlah itu hampir sama dengan ekspor bulan sebelumnya."
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Realisasi ekspor produk industri kopi instan asal Provinsi Lampung selama April 2015 mencapai 717.650 dolar Amerika Serikat dengan volume 74 ton.

"Jumlah itu hampir sama dengan ekspor bulan sebelumnya," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ferynia di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan prospek ekspor kopi instan dari Lampung, masih tetap cerah, mengingat realisasi ekspor setiap bulan cukup baik.

Selain itu, promosi masih gencar dilakukan dengan menggelar sejumlah pameran baik di dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, pangsa pasar kopi instan Lampung ke sejumlah negara masih terjaga hingga sekarang.

Dinas Perindag Lampung menyebutkan sentra produksi industri komoditas kopi instan Lampung terdapat di Kota Bandarlampung.

Daerah ini memiliki kapasitas produksi kopi instan rata-rata 6.000 hingga 10.000 ton per tahun.

"Penjualan kopi instan di dalam negeri dengan rata-rata 100 ton per bulannya," ujar dia.

Luas areal kopi di Lampung mencapai 163.837 hektare, dengan produksi kopi mencapai sekitar 140 ribu ton/tahun.

Sementara itu, sejumlah warga di Provinsi Lampung memproduksi kopi olahan. Ada yang memproduksi kopi bubuk, ada juga yang sekaligus membuka gerai kopi.

Bahkan telah terbentuk Asosiasi Industri Kopi Bubuk Lampung dengan anggota pengusaha dari berbagai daerah dalam asosiasi tersebut.

Sekretaris Asosiasi Industri Kopi Bubuk Lampung Mirhan, mengatakan bahwa, saat ini sekitar 40 pengusaha bergabung dalam asosiasi ini. Ia memprediksi, jumlah industri kopi bubuk di Lampung di atas 200-an unit dan membutuhkan sekitar 100 ton kopi biji per bulan. Pangsa pasar kopi sendiri terbuka lebar, tidak saja di Sumatera, tapi juga ke Pulau Jawa bahkan ekspor.