Di Indonesia Hanya Ada 20 RS Punya Ruang Isolasi

id audit BPJS,pelayanan kesehatan,rumah sakit

Jakarta (Antara Lampung) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa hingga saat ini baru sekitar 20 rumah sakit yang memiliki ruang isolasi dan sebagian besar diantaranya telah memenuhi standar internasional.
        
"Kita mendorong lebih banyak lagi rumah sakit yang memiliki ruang isolasi, idealnya ada di tiap provinsi," kata Staf Ahli Menteri Kesehatan bidang Perlindungan Faktor Resiko, Sri Henni Setiawati pada acara seminar "Pengendalian Penyakit Menular di Indonesia sebagai Antisipasi dalam Era Perdagangan Bebas" di Jakarta, Rabu.
        
Seminar tersebut digelar dalam rangka HUT ke-21 RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso sebagai RS khusus penyakit infeksi.
        
Dia juga mengingatkan bahwa ruang isolasi di rumah sakit harus terakreditasi dan standar internasional.
         
Kementerian kesehatan, tambah dia, terus berupaya dan menyiapkan sejumlah sistem agar di masa mendatang lebih banyak lagi rumah sakit yang memiliki ruang isolasi berstandar internasional.
         
Menurut dia, penanganan penyakit infeksi harus dilakukan secara menyeluruh. Tujuannya, kata dia, agar penularan penyakit infeksi bisa dicegah sejak dini.
         
Dia juga menyatakan bahwa kebiasaan mencuci tangan serta penerapan pola hidup bersih dan sehat bisa menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyakit infeksi seperti flu dan lain sebagainya