Pemkot Bandarlampung Tanam Damar Mata Kucing

id antaralampung.com, berita lampung terkini, Pemkot Bandarlampung Tanam Damar Mata Kucing , lampung

Kami memberikan dan menanam pohon damar mata kucing itu untuk Kota Ambon agar lebih hijau, mengingat kota ini masih dalam tahap percepatan pembangunan."
Ambon, Maluku, (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung menanam pohon damar mata kucing di Kota Ambon Provinsi Maluku.

"Kami memberikan dan menanam pohon damar mata kucing itu untuk Kota Ambon agar lebih hijau, mengingat kota ini masih dalam tahap percepatan pembangunan," kata Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Bandarlampung Saad Asnawi, di Ambon, Kamis.

Dia mengatakan, pilihan pohon damar mata kucing untuk Ambon itu, karena secara kualitas pohon tersebut merupakan yang terbaik di Lampung.

Tanaman tersebut ditanam secara bersamaan dengan pohon dari pemerintah kota lain di seluruh Indonesia pada acara penanaman yang berlangsung pukul 07.00 WIT pada lahan pangkalan dan markas TNI Angkatan Laut Kota Ambon.

"Pohon damar mata kucing ini biasa digunakan untuk bahan industri untuk membuat kaca kualitas nomor satu. Jadi, secara khusus kami bawa untuk ditanam di sini, agar warga Ambon juga mengenal yang namanya pohon damar mata kucing," katanya pula.

Pohon yang ditanam tersebut juga merupakan tanaman yang mudah beradaptasi di setiap daerah.

"Kami optimistis pohon ini akan hidup dan dijaga oleh warga Ambon," kata dia.

Penanaman pohon itu merupakan rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Selain penanaman pohon yang dibawa dari masing-masing daerah, setiap daerah juga menggelar pawai budaya. Pemkot Bandarlampung menampilkan Tari Tapis Berseri.

Dalam pawai budaya tersebut, utusan dari Lampung menampilkan baju kreasi hasil desainer daerahnya yang mengedepankan ciri khas Lampung.

Pada malam harinya, Lampung menampilkan tarian sekaligus lagu-lagu khas Lampung dalam acara pentas seni.