Siapa Sekjen Partai Demokrat?

id Kongres Partai Demokrat

Jakarta (ANTARA Lampung) - Ketua DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menjagokan tokoh muda menjadi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2015--2020 mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya cenderung (mendukung tokoh) muda menjadi duet yang hebat bersama Pak SBY," kata Hinca melalui pesan Blackberry di Jakarta, Sabtu (2/5).

Dia menjelaskan sosok kader muda cocok mengisi Sekjen karena posisi itu sangat strategis untuk mengelola dan membesarkan Partai Demokrat.

Menurut dia sekjen harus memiliki sifat energik, komunikatif, memiliki memampuan organisasi yang baik, mempunyai ketahanan tinggi, dan mampu bekerja dalam tekanan dinamika politik.

"Sosok sekjen juga harus disukai dan bisa bekerja sama seirama dengan Pak SBY," ujar Hinca yang juga menjabat Juru Bicara Partai Demokrat.

Selain itu, ujar dia, sosok sekjen ke depan harus mampu mengelola Demokrat menjadi partai yang lebih modern sehingga memiliki tantangan dan seni tersendiri.

Menurut Hinca, dari semua kriteria calon sekjen itu, maka tokoh muda Partai Demokrat merupakan sosok yang pas menduduki posisi tersebut.

"Syarat yang saya sebut itu, lebih pas untuk anak muda," katanya.

Namun Hinca enggan menyebut nama sosok tokoh muda yang pas menduduki posisi Sekjen Partai Demokrat periode 2015--2020.

Partai Demokrat akan mengadakan Kongres IV di Surabaya pada 11--13 Mei 2015, salah satu agendanya adalah memilih Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015--2020. Mekanisme dipilihnya Sekjen Demokrat adalah melalui formatur yang dipilih dalam kongres tersebut.

Kongres ke-4 Partai Demokrat itu akan dihadiri sekitar 1.000 kader dari seluruh Indonesia, terdiri dari DPC, DPD, dan organisasi partai sekitar 600 orang. Sedangkan sebanyak 400 orang kader akan hadir sebagai peninjau.