Mendikbud: Laporan Perilaku Negatif UN Sudah Berkurang

id antaralampung.com, berita lampung terkini, mendikbud, baswedan

 Mendikbud: Laporan Perilaku Negatif UN Sudah Berkurang

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Sudah berkurang signifikan menurut pemberitaan di media dan laporan yang masuk ke kementerian pendidikan terkait dengan perilaku negatif UN."
Jakarta, (ANTARA Lampung) - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan mengatakan laporan perilaku negatif dalam melaksanakan ujian nasional sudah berkurang dari tahun sebelumnya.

"Sudah berkurang signifikan menurut pemberitaan di media dan laporan yang masuk ke kementerian pendidikan terkait dengan perilaku negatif UN," kata Anies Baswedan usai acara penyerahan hasil UN di Kemendikbud, Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa pada tahun sebelumnya sangat banyak laporan negatif tentang pelaksanaan UN, seperti kecurangan, bocornya soal, dan penyuapan.

Meskipun berbeda manajemen pengelolaan, UN tetap berjalan lancar. "Sekarang kan berbeda struktural karena pendidikan tinggi sudah menjadi satu dengan kementerian riset dan teknologi," katanya.

Pemisahan struktur tersebut tidak mengurangi nilai integritas dari proses ujian nasional (UN). Bahkan, pada tahun ini penyerahan laporan hasil UN bisa selesai tepat pada waktunya, yaitu pada tanggal 2 Mei 2015.

Ia berharap setelah ini semua proses kelanjutan dari UN lancar hingga pada proses akhir.

"Nilai UN ini belum tentu menjadi nilai final, masih akan dilihat lagi dan dipertimbangkan keseluruhannya," kata Anies.

Ia berharap mulai tahun ini UN akan berjalan sesuai dengan prosedur dan tidak ada permasalahan yang berarti.