Dinda Kanya Dewi Terlatih Diet Cegah Diabetes

id antaralampung.com, berita lampung terkini, dinda anyak diabetes

 Dinda Kanya Dewi Terlatih Diet Cegah Diabetes

Dinda Kanya Dewi ( FOTO ANTARA/Teresia May)

Ibu terkena diabetes jadi saya terlatih mengikuti pola makan seperti yang ibu saya lakukan, bisa dikatakan sejak saya hiduplah."
Jakarta, (ANTARA Lampung) - Aktris Dinda Kanya Dewi terlatih diet sejak kecil untuk menjaga gula darah tetap stabil guna mencegah diebates, karena ibunya menderita penyakit tersebut.

"Ibu terkena diabetes jadi saya terlatih mengikuti pola makan seperti yang ibu saya lakukan, bisa dikatakan sejak saya hiduplah," kata Dinda dalam acara peluncuran buku "Diabetes and Me" di Jakarta, Kamis.

Wanita kelahiran Balikpapan 28 tahun lalu itu mengatakan, ibunya, Tuti Natadiredja, sangat menjaga pola makan dan rajin mengecek gula darah sehingga hal itu juga dia lakukan.

Awalnya memang ada ketakutan dan kekhawatiran mengetahui ibunya seorang diabetisi atau penderita diabetes, katanya, tetapi ia mengambil hikmahnya menjadi lebih berhati-hati.

"Dari pengalaman jadi lebih berhati-hati, jadi lebih memilih makanan, termasuk cemilan yang tidak berbahaya," ujar aktris yang terkenal sejak menjadi model Gadis sampul pada 2002 itu.

Dinda mengatakan selain menjaga pola makan, ia juga selalu menyempatkan berolahraga karena mengetahui kemungkinan diabetes diturunkan kepada dirinya.

"Saya tahu badan dan jaga kesehatan, meskipun diabetes tidak sepenuhnya diturunkan, saya mengurangi makanan manis dan rajin berolahraga," ujar dia.

Sejak ibunya meninggal karena komplikasi jantung pada akhir 2014, ia menerapkan pola makan yang lebih ketat, apalagi kakak tertuanya juga menderita diabetes.

Selain mengajak masyarakat menjaga pola makan dan rutin berolahraga, ia juga memberi beberapa tips dan saran untuk masyarakat yang memiliki keluarga diabetisi.

"Tipsnya cari info sebanyak-banyaknya, ikuti gaya hidup diabetesi untuk mendukung mereka, jangan sampai kita makan sesuka kita padahal mereka nahan-nahan banget, juga harus tahu cara mengaplikasikan insulin," katanya.