Gubernur: Alsintan Percepat Pembangunan Pertanian

id Pertanian Lampung

Lampung Utara (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan, penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) mampu menunjang percepatan pembangunan sektor pertanian di daerah ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang selalu datang ke Lampung tanpa tangan kosong, karena itu sangat berarti bagi pembangunan pertanian di provinsi ini," ujarnya saat panen raya dihadiri Menteri Pertanian dan Pangdam II/Sriwijaya, di Desa Semuli Jaya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara, Selasa (21/4).

Menurut dia, dengan bantuan peralatan pertanian ini dapat menjadi penunjang pencapaian program panen sejuta ton gabah kering di Lampung.

"Lampung pasti akan menjadi salah satu provinsi pendukung pencapaian target tersebut, mengingat kondisi lahan pertanian yang masih bisa digarap secara maksimal," ujarnya pula.

Gubernur juga meminta kepada Pangdam II/Sriwijaya dan Danrem 043 Garuda Hitam untuk terus mendukung percepatan pembangunan. Ia juga mengharapkan pola-pola intelijen bisa digunakan untuk memperlancar pencapaian percepatan pembangunan pertanian khususnya swasembada beras itu.

"Sistem deteksi dan tangkal dini serta melibatkan pasukan teritorial pada hal-hal yang sekiranya bisa menghambat pembangunan dan program pertanian berupa kenaikan panen sejuta juta ton gabah kering giling dapat dipergunakan, untuk menunjang pencapaian tersebut," kata dia lagi.

Gubernur Ridho melanjutkan, saat ini di kalangan petani memiliki beberapa masalah pokok, di antaranya, adalah belum stabil harga hasil pertanian dan kelangkaan pupuk.

Dalam rangka mencapai target swasembada pangan, Pemprov Lampung akan bekerja keras merumuskan penyelesaian masalahnya.

"Kelangkaan pupuk adalah musuh kita bersama, untuk itu kita rumuskan sistem distribusi pupuk yang baik agar bisa diterapkan di Lampung," ujar dia.

Dia menambahkan, Lampung dapat meniru beberapa daerah yang mempunyai sistem pendistribusian pupuk yang baik dan akan diuji coba di beberapa Kabupaten. "Sudah saya kirimkan rumusannya kepada Pak Menteri Pertanian untuk didukung dan disetujui," ujar Ridho.

Gubernur berjanji mengusahakan kestabilan harga hasil panen itu setelah panen raya berlangsung, agar kesejahteraan petani terjamin.

"Pemprov Lampung memang menaruh perhatian serius pada tiga bidang utama, yaitu infrastruktur, energi, dan pertanian. Ketiganya juga masuk dalam delapan prioritas pembangunan provinsi ini," kata Ridho pula.