Warga Minta Pemkot Bandarlampung Perbaiki Jalan Berlubang

id antaralampung.com, berita lampung terkini, pemkot bandarlampung, jalan belubang,warga

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Warga meminta Pemerintah Kota Bandarlampung segera memperbaiki jalang berlubang yang ada di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Tapis Berseri ini.

"Pemkot Bandarlampung harus segera memperbaiki jalan yang berlubang, karena kalau dibiarkan semakin lama akan bertambah besar," kata Andi, warga Keceamatan Telukbetung Utara, di Bandarlampung, Selasa.

Dia menyebutkan, sejumlah jalan yang berlubang itu, antara lain di Jl dr Susilo di depan kantor Pemkot Bandarlampung.

Kondisi buruk jalan tersebut juga terlihat hingga kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung atau berjarak sekitar 500 meter dari kantor pemkot tersebut.

Jalanan berlubang lainnya juga terlihat di Jl Way Rarem Kecamatan Enggal, Jl Rasuna Said Kecamatan Telukbetung Utara, Jl Basuki Rachmat Kecamatan Telukbetung Selatan, Jl Bakung Kecamatan Telukbetung Barat dan sepanjang Jl Banten.

"Jika dibiarkan, maka lubang semakin besar dan membahayakan pengguna jalan," kata dia lagi.

Terkait buruk kondisi jalan tersebut, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Bandarlampung Azwar mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan tambal sulam pada dua wilayah, yakni di Jl Zainal Abidin Pagar Alam dan Jl Yasir Hadibroto Kecamatan Kedamaian.

"Secara bertahap akan terus dilakukan tambal sulam ini, dengan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin. Sedangkan, untuk perbaikan besar sebentar lagi dilakukan karena beberapa pemenang tender tinggal menunggu proses kontrak," katanya.

Sekretaris Kota Bandarlampung Badri Tamam, mengatakan tambal sulam di jalan yang berlubang akan dilakukan oleh Dinas PU dengan menggunakan dana pemeliharaan rutin.

"Akan dilakukan secara bertahap, sekarang Dinas PU sedang melakukan penambalan di beberapa tempat. Jadi, jalan berlubang akan segera ditambal," ujar dia.

Menurutnya, banyak jalanan yang berlubang kemungkinan disebabkan oleh hujan yang mengguyur Bandarlampung dalam beberapa bulan terakhir.

"Dengan menggunakan anggaran pemeliharaan jalan yang bisa diperbaiki langsung diperbaiki, dan yang perlu penanganan khusus dianggarkan pada tahun selanjutnya," kata dia lagi.

Ia mengungkapkan, sesuai instruksi dari Wali Kota Bandarlampung dimana saja lokasi yang bisa langsung diperbaiki sebelum terjadi kerusakan lebih parah akan langsung ditambal.

"Ini untuk kepentingan masyarakat terlebih yang lokasinya sudah masuk dalam tender sebentar lagi akan dilaksanakan pembangunan jalannya," ujarnya pula.