Rossi Menang Dramatis

id MotoGP

Rossi Menang Dramatis

Valentino Rossi (motorcyclenews)

Termas De Rio Hondo (Antara/AFP) - Valentino Rossi memenangi duel dengan juara bertahan Marc Marquez, yang terjatuh saat balap tinggal menyisakan dua putaran, sebelum ikon Italia itu meraih kemenangan dramatis di Grand Prix Argentina pada Minggu.  
   
Marquez memimpin balap dari awal dan membuka keunggulan sebesar empat detik sebelum masalah-masalah ban membuat veteran Rossi dapat menempelnya, dan akhirnya meraih pucuk pimpinan balap pada dua putaran sebelum balap usai.
        
Pebalap Spanyol Marquez, yang memenangi 13 balap pada musim lalu, kemudian tersangkut roda belakang Rossi dan terjatuh, ketika Rossi mengamankan kemenangan dari posisi start urutan delapan.          
   
Keputusan Marquez dan tim Hondanya untuk menggunakan ban-ban tipe keras merugikan diri sendiri, ketika Rossi secara bertahap mampu mendekati pebalap Spanyol itu dengan Yamaha-nya.
        
Rossi semakin menempel pada fase akhir balap dan akhirnya melakukan pergerakan pada dua putaran terakhir, sebelum Marquez berupaya merebut kembali posisi terdepan yang berujung pada jatuhnya dia.
        
Marquez berada di jalur untuk mendekati Rossi di klasemen pebalap, namun sekarang tertinggal lebih jauh setelah balap ketiga musim ini.
        
Rossi juga menang di Qatar, sedangkan Marquez memenangi balap kedua di Texas, di mana pebalap Italia itu finis di urutan ketiga.
        
"Saya menyesal atas kecelakaan itu dan menyesal untuk dia, namun saya berharap ia baik-baik saja," kata Rossi.
        
"Saya menjalani balap yang hebat dan sepeda motornya fantastis, namun saya dapat melihat bahwa ia (Marquez) memiliki masalah dengan bannya," tambah juara dunia tujuh kali itu.
        
"Sepeda motornya hebat, dua kemenangan telah dicapai, dan saya pikir kami dapat bertarung sampai akhir musim," tambah Rossi.
        
"Kami memiliki kecepatan yang hebat dan ini merupakan balap yang penting karena saya mengalami kesulitan saat latihan. Saya tahu ia menggunakan ban-ban keras, namun saya hanya berusaha melakukannya setahap demi setahap dan perlahan-lahan saya dapat mencium kesuksesan. Saya kecewa dengan jatuhnya dia dan itu akan menjadi pertarungan hebat sampai akhir, namun saya sangat gembira," kata Rossi.
        
Pebalap Italia Andrea Dovizioso yang mengendarai Ducati, finis di urutan kedua dengan selisih lebih dari lima detik, sedangkan pebalap Britania Carl Crutchlow finis di urutan ketiga dengan Honda.
        
"Ia (Rossi) lebih cepat dari saya dan saya kehilangan waktu di tikungan-tikungan," kata Dovizioso, yang sempat memimpin untuk kurun waktu lama di Qatar sebelum kemudian disalip Rossi pada upayanya meraih kemenangan perdana sepanjang karirnya di level ini.

 
Penerjemah : ARA Adipati/Hisar Sitanggang