Tiongkok Hukum Wartawan Senior Tujuh Tahun Penjara

id Wartawan Senior Tiongkok Dihukum

Beijing (ANTARA Lampung/Reuters) - Satu pengadilan Tiongkok menjatuhi hukuman terhadap seorang pewarta senior yang dituduh membocorkan sebuah dokumen Partai Komunis kepada satu laman asing selama tujuh tahun penjara pada Jumat, kata seorang pengacaranya.

Gao Yu, 71 tahun, yang diadili dalam sidang tertutup di Bejing November lalu, didakwa atas tuduhan memberikan rahasia negara kepada kontak-kontaknya dari negara asing, ujar pengacaranya Mo Shaoping.

Para aktivis hak asasi manusia telah mengutuk penahanan dan peradilan Gao, dengan menyatakan bahwa hal itu menunjukkan penumpasan meluas atas pembangkang. Amerika Serikat menyerukan Tiongkok untuk membebaskan Gao pada sidang Dewan HAM PBB di Jenewa bulan lalu.

Mo mengatakan Gao telah mempertimbangkan untuk naik banding.

"Sebagai pembela, saya menolak keputusan itu. Saya merasa pengadilan tak cukup menghormati fakta-fakta dan bukti dalam mengeluarkan hukuman ini," kata Mo kepada Reuters melalui telepon.

Gao ditahan atas tuduhan ia membocorkan sabuah dokumen Partai Komunis Tionghoa, yang memperingatkan para anggota senior terhadap "tujuh kesalahan ideologi", termasuk "nilau-nilai universal" HAM, kata Shang Baojun, seorang pembela Gao yang lain.