Waduh, Pesawat Presiden Serbia Nyaris Jatuh

id Pesawat Presiden Serbia

Beograd (ANTARA Lampung/Reuters) - Satu pesawat pemerintah Serbia yang membawa presiden negara itu nyaris jatuh dari udara "selama dua menit" pada Jumat ketika mesin pesawat mengalami masalah, mengakibatkan para penumpang terlempar-lempar di kabin.

Namun pesawat yang sudah tua itu, akhirnya dapat mendarat dengan selamat di Beograd, tetapi Presiden Tomislav Nikolic terpaksa membatalkan kunjungan resminya untuk bertemu dengan Paus Francis di Vatikan.

"Saya tak akan pernah lagi menginjakkan kaki di pesawat itu," kata Stanislava Pak, seorang penasehat Nikolic, kepada Kantor Berita Reuters.

Dua pesawat jet eksekutif Serbia terkenal karena sering mengalami masalah. Pesawat jenis Falcon 50 buatan Prancis itu yang Nikolic gunakan sudah berumur 34 tahun. Pesawat satunya lagi, jenis Learjet 31A, dibuat tahun 1991.

"Saya diberitahu bahwa salah satu mesin pesawat bermasalah," kata Pak. "Kami jatuh sekitar dua menit; seperti ajal akan menjemput. Kami terlempar-lempar di kabin."
  
Pak mengatakan ia tidak tahu apakah Nikolic berencana menggunakan pesawat itu lagi.

Seorang penasehat kedua yang juga di dalam pesawat itu, Ivan Mrkic, mengatakan kepada harian  Vecernje Novosti bahwa ia secara pribadi mengalami lima insiden dengan pesawat yang sama.

"Kami tetap hidup dalam drama yang sebenarnya di udara dan saya dapat katakan bahwa Nikolic dan para koleganya mendarat tanpa cedera di Beograd berkat ketrampilan luar biasa dari pilot dan kopilot pesawat tersebut," kata dia seperti dikutip harian itu.