Sertani Lampung Kembangkan Benih Padi Unggul Lokal

id antaralampung.com, berita lampung terkini, sertani, lampung, swasembada pangan

 Sertani Lampung Kembangkan Benih Padi Unggul Lokal

Anggota DPD RI Anang Prihantoro bersama anggota Sertani Provinsi Lampung dan para petani saat memanen padi uji coba benih Sertani13 yang berlangsung di Desa Srimuyo Kabupaten Lampung Tengah Sabtu, 11/04/15 (FOTO ANTARA Lampung/Muklasin)

Serikat Tani Indonesia mendukung swasembada pangan di Lampung yang dicanangkan oleh pemerintah."
Lampung Tengah, (ANTARA Lampung) - Serikat Tani Indonesia Provinsi Lampung mendukung target pencapaian swasembada pangan di daerah ini, salah satunya dengan mengembangkan benih padi unggul lokal bagi para petani di daerah ini.

"Serikat Tani Indonesia mendukung swasembada pangan di Lampung yang dicanangkan oleh pemerintah," ujar Sekretaris Serikat Tani Indonesia (Sertani) Provinsi Lampung, Eka Agus Jasutra, di Lampung Tengah, Minggu.

Menurutnya, salah satu cara Sertani Provinsi Lampung dalam mendukung swasembada pangan adalah dengan mengembangkan benih padi lokal yang diberi nama Sertani13.

Lebih lanjut dia menjelaskan, benih padi Sertani13 adalah benih padi lokal yang dikembangkan oleh Sertani dan telah diujicobakan kepada para petani di Lampung.

Kelebihan benih padi lokal tersebut di antaranya adalah dalam penanamannya hanya dibutuhkan 10 kg bibit per hektara. Sedangkan bibit padi lainnya dalam tiap hektarenya umumnya diperlukan 15 kg hingga 20 kg.

Selain itu benih padi Sertani13 juga tahan terhadap hama. Terbukti dari hasil uji coba pada lahan padi yang tidak memakai benih Sertani13 terserang hama dan gagal panen, tapi lahan yang memakai Sertani13 meski terserang hama masih tetap bertahan dan tetap menghasilkan panen yang cukup banyak, katanya pula.

Dia menyebutkan, hasil panen yang diujicobakan dari benih padi Sertani13 tersebut didapatkan 6,5 ton per hektare gabah kering panen (GKP).

"Benih padi Sertani13 sudah diujicobakan di beberapa kabupaten di Lampung. Salah satunya kepada para petani di Desa Srimulyo Kecamatan Anak Ratuaji dan Desa Gunung Balak Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah," ujarnya lagi.

Panen padi uji coba benih Sertani13 yang berlangsung Sabtu (11/4) di Desa Srimuyo Lampung Tengah dihadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Daerah asal Lampung, Anang Prihantoro.

Anang hadir untuk melihat hasil panen para petani uji coba benih padi Sertani13.