Lampung Selatan gelar pemilihan Muli-Mekhanai Pariwisata

id berita lampung terkini, antaralampung.com, pemilihan mui-mekhanai lampung selatan, festival rajabasa III, lampung

.....Dengan potensi yang ada, Lampung Selatan akan terus melestarikan dan mengenalkan seni dan budaya kepada masyarakat maupun daerah lain dengan festival, yakni Festival Krakatau dan Festival Rajabasa, ujarnya.....
Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Pemilihan Muli-Mekhanai (Putra-Putri) Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka Festival Rajabasa III 2015, pada Kamis (9/4) malam di Lapangan Korpri kompleks perkantoran pemerintah kabupaten setempat berlangsung meriah.

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP beserta pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten, Forkopimda serta ribuan masyarakat setempat menyaksikan pemilihan muli-mekhanai tersebut yang merupakan puncak acara Festival Rajabasa 2015.

Pemenang muli-mekhanai yang diikuti 50 peserta itu nantinya akan menjadi duta pariwisata dan seni daerah itu.

Peserta merupakan utusan kecamatan serta satuan kerja perangkat daerah, BUMN, BUMD, Perbakin, dan masyarakat setempat.

Masyarakat Lampung Selatan antuasias menyaksikan pemilihan muli-mekhanai serta mencicipi jajajan kuliner khas daerah itu. Lapangan Korpri selain dijadikan tempat acara pemerintahan juga tempat kuliner.

Bupati Lampug Selatan Rycko Menoza SZP mengatakan Festival Rajabasa 2015 merupakan ajang pencarian duta pariwisata, seni dan budaya daerah ini.

Banyak potensi baik pariwisata, seni dan budaya di daerah ini, sehingga perlu dikenalkan lebih luas kepada masyarakat maupun daerah lain.

"Dengan potensi yang ada, Lampung Selatan akan terus melestarikan dan mengenalkan seni dan budaya kepada masyarakat maupun daerah lain dengan festival, yakni Festival Krakatau dan Festival Rajabasa, ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Lampung Selatan Fauziah Arief mengatakan berbagai kegiatan budaya Festival Rajabasa 2015 untuk mencari bakat sebagai duta pariwisata dan seni daerah itu.

"Berbagai lomba seperti tari kreasi dan lomba lagu pop Lampung digelar. Pada acara puncak, yakni pemilihan muli-mekhanai atau putra dan putri daerah itu dari perwakilan kecamatan," katanya.

Acara pemilihan muli-mekhanai itu juga diikuti dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat. Jajaran staf baik tenaga kerja honorer maupun PNS banyak yang memiliki potensi sehingga perlu pula dikembangan.(Ant)